Google Angkat Warisan Budaya Subak lewat Doodle Hari Ini

Dini Listiyani ยท Senin, 29 Juni 2020 - 09:01 WIB
Google Angkat Warisan Budaya Subak lewat Doodle Hari Ini

Google Doodle Subak (Foto: Google)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Google menampilkan warisan budaya Indonesia lewat Doodle hari (29/6/2020). Dalam Doodle-nya, Google mengangkat  warisan budaya Bali, subak.

Google Doodle hari ini diilustrasikan oleh artis tamu asal Indonesia, Hana Augustine. Pada hari yang sama tepatnya di 2012, subak, sistem irigasi Indonesia, tertulis dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO.

Dijelaskan dalam situs Google Doodle, jaringan kanal, terowongan, dan bendungan ini telah memungkinkan orang-orang di Pulau Bali mempertahankan sawah yang subur dan hidup dalam simbiosis dengan alam lebih dari seribu tahun.

“Kata subak merujuk tidak hanya pada infrastruktur irigasi, tapi juga pada tradisi sosial koperasi yang mengelilinginya. Melalui sistem ini, pasokan air yang terbatas dikelola secara tenang melalui sekitar 1.200 kolektif petani individu,” bunyi ketarangan Doodle.

Subak dianggap sebagai refleksi dari filosofi Bali kuno Tri Hita Karana, tiga penyebab kesejahteraan. Berakar dari ideologi kuat yang diturunkan turun temurun, sistem subak tradisional telah ditegakkan dengan penuh dedikasi sejak pembentukannya pada awal abad ke-9.

Seperti yang ditampilkan di Google Doodle hari ini, ada gambar sawah terpampang di halaman utama search. Lalu, ada petani yang sedah duduk di gubuk melihat ke arah sawah tersebut.

Ketika gambar diklik, Anda akan dibawa ke hasil pencarian subak. Seperti mengenal apa itu subak dan berita terkait lainnya.

Editor : Dini Listiyani