Google Resmi Operasikan Cloud Platform di Indonesia

Sindonews ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 17:19 WIB
Google Resmi Operasikan Cloud Platform di Indonesia

Google buka pusat cloud platform pertama di Indonesia (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Google akhirnya mengoperasikan layanan cloud pertamanya di Indonesia. Google memilih Jakarta untuk Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia dan kesembilan di Asia Pasifik.

"Hari ini kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kehadiran Google Cloud Region Jakarta. Dengan ini, perusahaan dari berbagai bidang, akan lebih cepat dan mudah untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan alat kami," kata CEO Google & Alphabet Sundar Pichai dalam keynote speech virtual di Jakarta, Rabu (24/6/2020)

Google Cloud adalah platform layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh Google. Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar Google, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat.

Para pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Google Cloud Region di Jakarta ini menjadi upaya dari raksasa teknologi itu untuk memberikan alat transformasi bisnis bagi semua pelaku usaha di Indonesia, baik usaha besar, startup, hingga UMKM.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate, mengatakan, kehadiran Google Cloud Region ini akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi digital di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan di saat bersamaan, juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital, seperti data analytics,artificial intelligence, machine learning ," kata Johnny.

Editor : Dini Listiyani