Khawatir dengan Keamanan Privasi di Zoom? Ini 5 Aplikasi Alternatif Lainnya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 09 April 2020 - 09:10 WIB
Khawatir dengan Keamanan Privasi di Zoom? Ini 5 Aplikasi Alternatif Lainnya

Aplikasi Cisco Webex (Foto: Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Aplikasi Zoom kini banyak digunakan selama masa pandemi virus korona (COVID-19). Platform konferensi video tersebut digunakan untuk menunjang produktivitas selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH), baik untuk teleconference dan meeting virtual.

Namun, belakangan ini muncul isu terkait keamanan privasi mereka. Beberapa pengguna melaporkan mengalami zoombombing, di mana orang masuk ke meeting tanpa diundang. Kebijakan privasinya juga mendapat kritikan setelah diketahui pihaknya mengirim beberapa data pengguna ke Facebook.

Kini, Zoom mulai secara otomatis mengaktifkan fitur keamanan seperti entri password dan Waiting Rooms. Namun, jika Anda masih merasa khawatir terkait keamanan privasi tersebut, Anda bisa menjajal aplikasi alternatif lainnya. Berikut daftarnya, seperti dirangkum iNews.id dari INC, Kamis (9/4/2020).

Microsoft Teams

Microsoft Team (Foto: Google Play Store)
Microsoft Team (Foto: Google Play Store)

 

Aplikasi kolaborasi dan konferensi video Microsoft Teams ini telah mengalami pertumbuhan yang meroket selama beberapa minggu terakhir. Perusahaan itu mengatakan telah melihat 12 juta pengguna baru selama masa pandemi virus korona. Platform ini juga menunjukkan keseriusan untuk keamanan dan privasi pengguna.

Hangout Meet by Google

Google juga memiliki aplikasi untuk mendukung teleconference maupun meeting. Meskipun, kurang intuitif daripada Zoom, tetapi aplikasi ini tidak mengharuskan Anda mengunduh software apa pun.

Slack

Aplikasi Slack (Foto: Google Play Store)
Aplikasi Slack (Foto: Google Play Store)

 

Slack sebenarnya bukan aplikasi konferensi video, tetapi ini memiliki fitur panggilan video di dalamnya, sehingga dapat digunakan juga untuk menunjang produktivitas Anda seperti komunikasi dengan tim kerja Anda.

GoToMeeting

Selanjutnya ada GoToMeeting, yang sesuai namanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan tim atau meeting virtual. Meskipun tidak sesederhana Zoom, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur keamanan. Misalnya, penggunaan kata sandi, dan meeting hosts bisa mengunci rapat tersebut sehingga mencegah tamu yang tidak diinginkan. GoToMeeting juga tidak menyertakan fitur tracking sehingga privasi Anda lebih terjaga.

Cisco WebEx

Aplikasi Cisco WebEx (Foto: Play Store)
Aplikasi Cisco WebEx (Foto: Play Store)

 

Terakhir ada Cisco WebEx. Seperti GoToMeeting, WebEx mencakup kemampuan untuk mengunci ruang meeting virruL Anda Anda, mencegah tamu yang tidak diinginkan untuk masuk dan mengganggu meeting Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk pertemuan yang sepenuhnya terenkripsi, termasuk rekaman Anda. Selain itu, selama pandemi ini, WebEx telah memperluas rencana gratisnya untuk memasukkan pertemuan tak terbatas hingga 100 peserta. 

Editor : Dini Listiyani