Halau Komentar Negatif, Begini Cara Matikan Kolom Balasan di Twitter

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 12:07 WIB
Halau Komentar Negatif, Begini Cara Matikan Kolom Balasan di Twitter

Aplikasi Twitter (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Adanya fenomena perisakan online membuat banyak media sosial mengembangkan fitur-fitur yang mengedepankan kenyamanan pengguna. Setelah Instagram membuat fitur untuk mematikan dan membatasi kolom komentar, belum lama ini Twitter juga melakukan hal yang sama.

Pada Februari 2019, Twitter mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan fitur untuk memungkinkan pengguna memoderasi kolom balasan atau ‘reply’ di cuitan mereka. Satu tahun berselang, platform ini akhirnya mulai menerapkan fitur tersebut sebagai uji coba untuk beberapa pengguna.

Melansir dari Vox, fitur baru tersebut hadir sebagai bagian dari pembaruan platform yang lainnya. Termasuk perubahan pada timeline Anda.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengontrol siapa saja yang boleh membalas cuitan mereka di kolom ‘reply’. Selain Instagram, YouTube juga mempunyai fitur serupa untuk menonaktifkan komentar di unggahannya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut panduannya, seperti dirangkum pada Minggu (2/8/2020).

1. Buat cuitan baru lewat aplikasi Twitter.

2. Ketik apa yang ingin Anda ungkapkan lewat cuitan tersebut.

3. Di bagian bawah kotak untuk membuat cuitan, ada tulisan ‘semua orang dapat membalas’.

4. Twitter akan menanyakan tentang ‘Siapa yang dapat membalas’ cuitan tersebut. Anda bisa memilih ‘Semua Orang’, ‘Orang yang Anda Ikuti’, dan ‘Hanya Orang yang Anda Sebutkan’.

5. Jika Anda tidak ingin cuitan Anda dibalas oleh siapapun, maka pilihlah ‘Hanya Orang yang Anda Sebutkan’. Voila! Cuitan Anda tidak bisa dibalas oleh siapapun kecuali diri Anda sendiri.

Selamat mencoba!

Editor : Dini Listiyani