Ingin Menambahkan Link ke Post Instagram, Intip Cara Berikut Ini

Dini Listiyani ยท Minggu, 01 September 2019 - 14:25 WIB
Ingin Menambahkan Link ke Post Instagram, Intip Cara Berikut Ini

Aplikasi Campsite (Foto: Makeuseof)

JAKARTA, iNews.id - Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial (medsos) populer yang ada di luar sana. Tapi, bukan berarti layanan berbagi foto ini tidak mempunyai kekurangan.

Satu dari sejumlah fitur yang kurang dari Instagram adalah kemampuan untuk membagikan links dalam captions. Beruntung, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membagikan link di dalam captions Instagram Anda.

Mengutip Makeuseof, Minggu (1/9/2019), pengguna dapat mengatasi kekurangan Instagram dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah, berikut ini rekomendasinya untuk Anda.

1. Campsite
Campsite adalah layanan online yang bertujuan untuk memecahkan masalah dengan membuat landing page yang dipersonalisasikan melalui serangkaian gambar dan links. Saat mendaftar, Anda mendapatkan URL campsite.bio URL yang dapat dimasukkan ke dalam profile Instagram.

Setelah signing up akun gratis, connect Campsite untuk akun Instagram sehingga Anda dapat mengaitkan gambar dengan links tertentu. Klik Add New Link dan image thumbnail.

Lalu, layanan akan memuat list foto Instagram terkini Anda. Klik gambar yang ingin digunakan setelah itu Anda dapat menambahkan links dan teks untuk link. Campsite juga akan menyediakan analitik basic untuk link clicks.

Dengan Campsite, pengguna juga dapat menambahkan custom profile picture dan intro pendek, serta select custom tema berwarna atau fonts untuk halaman Anda. Pengguna dapat toggle link on dan off dan menambahkan profile medsos Anda yang akan muncul sebagai ikon di bawah halaman.

2. URL Shortener
Jika Anda tidak suka mengarahkan teman ke situs web tambahan, coba gunakan URL Shortener. Kuncinya di sini adalah dengan menggunakan URL Shortener yang memungkinkan pengguna membuat link khusus seperti Bit.ly, lalu dapat dimasukkan ke dalam teks.

Meski dapat memperpendek link dengan Bitly tanpa signing up, Anda akan memerlukan akun yang berguna untuk customization. Setelah klik tombol Create untuk membuat URL pendek baru dan tempel di link, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan untuk link singkat.

Guna memilih URL tak terlupakan, Anda hanya perlu mengganti serangkaian nomor dan huruf di bidang Customize. Setelah itu, Anda mendapatkan URL singkat. Keuntungan menggunakan Bitly URL adalah Anda akan mengetahui seberapa banyak orang benar-benar membuka link.

3. Metricool
Metricool adalah platform media sosial yang mempunyai banyak fitur, salah satunya kemampuan mengaitkan link dengan post Instagram. Namun, untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus menjadi akun berbayar.

Dibanderol 9.99 dolar AS per bulan (tahunan) dan 14.99 dolar AS (bulanan), Anda mendapatkan banyak fitur lain juga, termasuk penjadwalan medsos, pelacakan pertumbuhan, dan analisis keterlibatan untuk Instagram, Twitter, Facebook, serta LinkedIn.

Anda dapat menguji fitur link terlebih dulu sebelum memutuskannya. Setelah Anda masuk ke Metricool dan menghubungkan akun Instagram, klik tombol Planning di menu dan pilih Instagram Link. Di sini Anda menguji full terkait cara kerja fitur.

Anda akan melihat feed Instagram image. Klik tombol hyperlink merah untuk menambahkan link ke gambar tersebut. Di atas halaman, Anda akan menemukan Metricool URL yang ingin di-insert ke Instagram bio Anda.

Metricool akan menampilkan sembilan gambar terbaru secara default, tapi Anda dapat men-select poto tambahan dari feed, atau menghapus foto di sana yang tidak ingin ditampilkan hanya dengan mengklik ikon tempat sampah pada gambar.

Yup, itu tadi sedikit trik untuk menambahkan link ke post Instagram. Semoga membantu Anda!

Editor : Dini Listiyani