Ingin Unggah Foto di Instagram lewat Chrome? Ini Triknya

Dini Listiyani ยท Minggu, 05 Januari 2020 - 12:41 WIB
Ingin Unggah Foto di Instagram lewat Chrome? Ini Triknya

Ilustrasi Instagram (Foto: Pixabay/ PhotoMIX-Company)

JAKARTA, iNews.id - Para pengguna Instagram dapat menjelajahi platform berbagai foto milik Facebook ini lewat situs. Tapi, pengguna tidak bisa mengunggah foto ke Instagram.

Instagram adalah layanan yang berfokus pada seluler. Oleh karena itu, platform berbagi foto ini hanya ingin Anda mengunggah foto melalui aplikasi seluler saja.

Kendati demikian, ada solusi yang memungkinkan Anda memposting foto ke Instagram dengan menggunakan Chrome. Nah, begini caranya:

1. Kunjungi Instagram dan Buka Developer Tools
Dikutip dari Makeuseof, Minggu (5/1/2020), untuk memulai, buka Instagram.com di Google Chrome dan pastikan Anda login ke dalam akun. Klik kanan di mana saja pada halaman dan pilih Inspect untuk membuka panel Developer Tools.

Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl+Shift+ I di Windows atau Cmd+ Option + I di Mac. Metode tersebut akan membuka panel di sisi kanan dengan sekelompok HTML dan detail halaman lainnya.

2. Switch ke Mobile View
Di sudut kiri atas jendela Developer Tools, Anda akan melihat ikon yang terlihat seperti ponsel di samping tablet. Kilik ini untuk beralih ke tampilan seluler. Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard Ctrl+Shift+M di PC atau Cmd+Shift+M di Mac.

Mode ini memberitahu website, Anda menggunakan perangkat mobile. Dengan demikian, Anda akan melihat user interface beralih ke sesuatu yang sangat mirip dengan apa yang dilihat di Android atau iOS. Biarkan Developer Tools tetap terbuka untuk terus menggunakan mobile interface, seperti menutupnya kembali ke versi desktop.

3. Upload Foto ke Instagram
Di bagian bawah layar, Anda akan melihat berbagai ikon untuk berbagai tab Instagram. Jika Anda tidak melihat deretan ikon, refresh halaman dan itu akan muncul. Klik ikon Plus untuk mengunggah foto dari komputer Anda menggunakan File Explorer atau Finder.

Secara default, Instagram hanya memungkinkan Anda mengunggah beberapa jenis gambar, termasuk JPEG. Jika ingin mengunggah PNG atau sesuatu yang lain, Anda harus melakukan perubahan kecil terlebih dulu.

Pada Windows, klik kotak Custom File yang berada di sudut kanan bawah File Explorer dan ubah ke All Files. Jika Anda menggunakan Mac, klik tombol Options di bawah Finder dan ubah kotak Format dari Custom File ke All Files.

4. Edit Gambar Anda
Usai memilih gambar, Anda mempunyai beberapa opsi di Edit tab. Anda dapat menyeretnya untuk membingkainya sesuai keinginan. Gunakan tombol Rotate untuk memutarnya 90 derajat sekaligus. Klik tombol full-size yang ada di kiri bawah untuk beralih antara lebar penuh atau ukuran persegi.

Swap ke tab Filter di bagian bawah layar untuk menerapkan salah satu dari banyak filter Instagram. Anda tidak memiliki akses ke semua alat pengeditan Instagram menggunakan metode ini. Jadi, gunakan aplikasi pengeditan foto di komputer Anda untuk melakukan penyesuaian sebelum mengunggah foto ke Instagram.

Dari sini, klik tombol Next dan Anda bisa enter caption. Set lokasi foto dan tag people yang diinginkan. Lalu, Anda siap untuk mengunggah foto ke Instagram.

Opsi Alternatif: Gunakan Windows 10 Desktop App
Instagram menawarkan aplikasi Windows 10 resmi di Mincrosoft Store. Ini pada padasarnya adalah port barebones dari aplikasi seluler. Jadi, aplikasi bekerja dengan cara yang sama seperti proses yang disebutkan di atas. Jika Anda sering mengunggah ke Instagram dan tidak ingin menggunakan trik di Chrome, coba saja gunakan aplikasi Windows 10.

Editor : Dini Listiyani