Jajaran Fitur Terbaik Android Q yang Perlu Diketahui

Dini Listiyani ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 14:30 WIB
Jajaran Fitur Terbaik Android Q yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Android Q (Foto: Android Authority)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Android Q telah tersedua dalam developer preview. Dari sini, banyak fitur baru Android Q yang bisa diketahui oleh pengguna.

Di antara fitur yang disedikan Google untuk Android Q ada yang menonjol di antaranya. Nah, berikut ini top fitur yang ada di Android Q yang dirangkum iNews.id dari Android Authority, Minggu (14/7/2019).

Dark Mode
Google telah bereksperimen dengan dark mode dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, raksasa mesin pencari ini akhirnya membuat dark mode resmi di Android Q.

Dark mode bisa diaktifkan melalui pengaturan quick-tile setting atau saat Anda mengaktifkan opsi penghemat baterai. Selain itu, screenshot yang dibagikan Google menunjukkan dark mode juga akan memengaruhi Google Podcast, Photos, dan Search.

Fitur dark mode tidak diragukan lagi akan menarik perhatian saat tiba di pembaruan akhir. Perusahaan berbasis Mountain View juga bekerja sama dengan pengembang pihak ketiga untuk menerapkan dark mode di aplikasi mereka.

Smart Reply
Smart Reply adalah salah satu fitur Google yang lebih baik di luar sana. Fitur bisa memprediksi apa yang Anda katakan dalam menggapi pesan. Saat ini fitur tersedia untuk aplikasi Google, tapi di masa depan akan hadir di semua aplikasi pesan.

Sharing Menu yang Lebih Baik
Banyak penggemar Android mengkritik fungsionalitas berbagi platform karena lambat dan tidak intuitif. Beruntung, Google telah merombak menu di Android Q. Sharing menu terbaru dimaksudkan untuk menjadi lebih cepat dibanding generasi lama.

Focus Mode
Salah satu fitur Android Q yang lebih menonjol lainnya adalah Focus Mode. Fitur ini adalah perpanjangand ari suite Wellbeing Digital. Sesuai namanya, mode ini akan membantu Anda fokus dengan mengubah aplikasi yang dianggap mengganggu dan menyembunyikan notifikasi mereka.

Wellbeing Digital juga mendapatkan fitur lain berkat kontrol parental yang terintegrasi. Google telah menawarkan tool parental melalui aplikasi Family Link.

Wifi Sharing via QR Codes
Xiaomi dan Huawei telah memungkinkan pengguna berbagi kredensial Wifi melalui kode QR untuk waktu yang lama. Kini, giliran Google mengadopsi tren ini dengan pembaruan Android terbaru.

Fitur ini mudah digunakan. Saat Anda mengetuk koneksi Wifi, tekan tombol bagikan lalu autentikasi dengan password ponsel atau sidik jari. Dari sini akan terlihat kode QR, dan teman Anda bisa memindai kode untuk mendapatkan akses.


Editor : Dini Listiyani