Kafe di Korsel Gunakan Robot untuk Terapkan Aturan Menjaga Jarak

Dini Listiyani ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 09:52 WIB
Kafe di Korsel Gunakan Robot untuk Terapkan Aturan Menjaga Jarak

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

DAEJEON, iNews.id - Setiap negara mempunyai caranya masing-masing untuk memerangi virus corona (Covid-19), termasuk Korea Selatan (Korsel). Negeri Gingseng ini mempunyai cara unik untuk memberlakukan physical distancing. 

Menjaga jarak sosial menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyebaran corona. Menariknya, sebuah kafe di Korea Selatan telah memanfaatkan robot agar penerapan jarak sosial tetap terjadi. 

Terletak di Daejeon, sebuah kafe mempekerjakan karyawan robot yang akan membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Penggunaan robot untuk membantu menjaga jarak sosial dengan mengurangi interaksi antar manusia, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (28/5/2020).

Kafe ini juga dirancang untuk menjaga meja terpisah satu sama lain, sehingga tidak hanya membantu robot menavigasi kafe dengan lancar tapi menegakkan aturan jarak sosial di antara pelanggan. Robot akan mampu membuat 60 jenis minuman untuk pelanggan. 

Selain itu, robot juga mempunyai kemampuan memetakan rute di kafe untuk menemukan cara terbaik berkeliling. Terlepas dari itu semua, penggunaan robot rupanya juga menimbulkan kekhawatiran. 

Beberapa telah menyatakan keprihatinan mereka dalam menggunakan robot karena artinya ada lebih sedikit pekerja manusia. Mengingat, robot mengisi peran yang seharusnya dimiliki manusia. 

Editor : Dini Listiyani