Kenali Tanda-Tanda Anda Diblokir Teman di WhatsApp

Dini Listiyani ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 09:37 WIB
Kenali Tanda-Tanda Anda Diblokir Teman di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp mempunyai fitur block yang dapat digunakan pengguna untuk memblokir orang yang dianggap mengganggu. Pengguna yang diblokir pun tidak akan mendapatkan notifikasi apa pun. 

Namun, bukan berarti pengguna WhatsApp tidak bisa mengetahui apakah akun mereka diblokir seseorang atau tidak. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda diblokir oleh seseorang di WhatsApp. 

Penasaran apa saja cara yang dapat dilakukan? Simak ulasan berikut yang dirangkum iNews.id dari Android Pit, Selasa (26/5/2020).

1. Cek Last Seen

Last seen biasanya terlihat di bawah user name. Jika tidak ada informasi mengenai kapan terakhir mereka online, ini bisa menjadi pertanda buruk. Namun, tak terlihatnya last seen tidak selalu diartikan mereka memblokir Anda. 

Bisa saja teman Anda mematikan last seen mereka untuk menjaga privasi mereka. Jadi, harus dihargai keputusan teman untuk menonaktifkan last seen. 

2. Cek Double Check

Tanda centang menjadi cara WhatsApp memberitahu pengguna apakah pesan sampai atau tidak. Satu tanda centang berarti pesan telah dikirimkan. 

Saat tanda centang kedua muncul, pesan telah diterima oleh ponsel penerima. Namun, tidak berarti orang tersebut membaca pesan Anda. Saat tanda centang berubah menjadi biru barulah diketahui mereka melihat pesan Anda.

Jadi bila masih melihat dua tanda centang dan berubah menjadi biru artinya Anda tidak diblokir. Tapi, bila hanya centang satu saja maka bisa menjadi pertanda Anda diblokir. 

3. Tak Berhasil Melakukan Panggilan

Indikator lain Anda diblokir teman adalah semua panggilan WhatsApp tidak berhasil dilakukan. Bila ingin berpikiran positif, anggap saja teman Anda mengganti nomor telepon atau smartphone mereka rusak. 

4. Cek Gambar Profile

Jika Anda melihat kontak belum memperbarui atau mengubah profil mereka dalam beberapa saat atau memiliki gambar yang sama selama berbulan-bulan, bisa jadi mereka telah memblokir Anda. 

Jika Anda melihat semua indikator yang disebutkan di atas terjadi pada akunmu, berarti pengguna memblokir Anda. Namun, ada kemungkinan lain mengingat WhatsApp secara sengaja melindungi privasi Anda saat memblokir seseorang. 

Editor : Dini Listiyani