Ketahui Cara Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Android

Dini Listiyani ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 13:06 WIB
Ketahui Cara Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Android

WhatsApp punya dark mode (Foto: WhatsApp)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp telah lama menguji dark mode untuk penggunanya. Beberapa waktu lalu, layanan aplikasi pesan ini meluncurkan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu ke pengguna Android dan iOS.

Sesuai namanya, dark mode WhatsApp mematikan cahaya di dalam aplikasi. Jadi, pengguna dapat menggunakan WhatsApp di tempat tidur tanpa melelahkan mata atau mengganggu pasangan.

Ketika mengembangkan dark mode, WhatsApp fokus pada dua bidang yakni Readability dan Information Hierarchy. Readability berarti WhatsApp telah memilih warna yang mendekati standar sistem pada Android dan iOS, yang setara dengan abu-abu gelap dan off-white.

Sementara Information Hierarchy mengacu pada warna lain yang dipilih WhatsApp untuk dark mode-nya. Idenya adalah menggunakan warna yang berbeda untuk elemen yang beda guna memastikan informasi yang paling penting menonjol.

Terlepas dari itu semua, muncul pertanyaan penting yakni bagaimana cara mengatkfikannya. Kali ini, iNews.id akan membahasnya untuk WhatsApp di Android.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android
Dikutip Makeuseof, Minggu (15/3/2020), untuk mengaktifkan dark mode WhatsApp, pertama-tama perbarui aplikasi terlebih dulu. Lalu, jika Anda menggunakan Android 10 atau iOS 13, aktifkan dark mode di pengaturan sistem Anda.

Namun, jika menggunakan Android 9 atau lebih rendah, Anda bisa mengaktifkannya lewat pengaturan WhatsApp. Caranya, buka aplikasi WhatsApp dan klik Settings> Chats> Theme> Dark.

Ya, hanya begitu cara untuk mengaktifkan dark mode di WhatsApp Android, mudah bukan? Sekarang Anda bisa mempraktikkan cara tersebut di ponsel sendiri.

Untuk diketahui, dark mode sekarang ini sudah menjadi fitur yang umum di sebuah aplikasi. Dibanding WhatsApp, Instagram sudah lebih dulu menawarkan dark mode di platform-nya.

Editor : Dini Listiyani