Siap Saingi WhatsApp, Signal Akan Tawarkan Banyak Fitur Menarik

Dini Listiyani ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 12:20 WIB
Siap Saingi WhatsApp, Signal Akan Tawarkan Banyak Fitur Menarik

Aplikasi Signal (Foto: Play Store)

MENLO PARK, iNews.id - Aplikasi Signal berencana untuk mengubah target audiens-nya. Kini, layanan pesan dengan enkripsi end-to-end ini ingin menjangkau massa yang lebih luas.

Pada awalnya, Signal adalah aplikasi pengiriman pesan sederhana yang mengandalkan reputasi keamanannya untuk menarik pengguna. Bahkan, aplikasi hanya memiliki beberapa fitur sederhana seperti pesan dan panggilan.

Karena mempunyai fitur sederhana Signal kurang menarik perhatian dibanding aplikasi perpesanan lainnya. Namun, Signal tampaknya akan mengubah arahnya supaya dapat menarik lebih banyak pengguna.

Wired melaporkan Signal bekerja keras untuk membuat perubahan. Makanya, Signal Foundation meningkatkan jumlah karyawan dari 3 menjadi 20, menyusul pemasukan sebesar 50 juta dolar dari pendiri WhatsApp Brian Acton pada 2018.

Investasi yang dilakukan memungkinkan tim menambahkan fitur yang dapat menarik orang-orang biasa atau pencari alternatif WhatsApp. Namun, karena Signal pada dasarnya dienkripsi secara end-to-end dan tidak menyimpan metadata percakapan di server-nya, muncul tantangan dalam pengembangan fitur.

Sebagai contoh, Signal Foundation harus membuat stiker yang kompatibel dengan enkripsi, sehingga pengguna dapat mengirimnya dengan aman dan anomin. Mengaktifkan administrasi grup juga merupakan hal yang sulit dilakukan karena Signal harus memberikan administrator kemampuan menambah dan menghapus anggota tanpa servernya mengetahui siapa yang menjadi bagian dari percakapan.

Fitur-fitur yang direncanakan Signal tampaknya bermanfaat. Sejauh ini, Signal juga terus mengalami peningkatan pertumbuhan di Android dan iOS, yang dikutip dari Android Police, Kamis (20/2/2020).

Play Store mengungkapkan Signal telah diunduh antara 10 juta hingga 100 juta kali. Dikombinasikan dengan pernyataan dari pendirinya, Moxie Marlinspike, lebih dari 40 persen pengguna Signal menggunakan iOS.

Ambisi Signal untuk menjangkau lebih banyak pengguna tidak lepas dari vision Action. Action ini ingin menumbuhkan Signal menjadi sebesar WhatsApp dan yakin dia dapat membantu mereproduksi kesuksesan yang dimiliki aplikasi perpesanan yang diciptakannya.

Editor : Dini Listiyani