Kiat Sukses Berjualan lewat Media Sosial

Okezone ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:04 WIB
Kiat Sukses Berjualan lewat Media Sosial

Tips jualan lewat media sosial (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Media sosial kini bukan hanya dimanfaatkan untuk memamerkan foto saja tapi juga berjualan. Berjualan lewat platform juga menjadi salah satu cara agar tetap bertahan di tengah pandemi.

Memasarkan dan menjual suatu produk sekarang lebih mudah berkat teknologi. Penjual perlu memaksimalkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan.

Bagi yang ingin mencoba berjualan lewat media sosial, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Nah, berikut ini tipsnya yang dikutip dari Entrepreneur.

1. Optimalkan Profil

Gunakanlah profil bisnis pada akun media sosial bisnis Kamu. Dengan begitu, akan banyak fitur yang didapatkan untuk membantu mengembangkan bisnis.

Hal ini tidak dapat dilakukan apabila Anda menggunakan profil pribadi. Seperti pada profil bisnis di media sosial instagram yang memungkinkan Kamu untuk menambahkan tautan ke situs web yang Kamu miliki pada fitur instagram stories.

2. Iklan Berbayar

Fitur ini tersedia di banyak media sosial, salah satunya Facebook dan Instagram. Melalui fitur iklan berbayar Anda dapat menargetkan konsumen melalui demografi dan minat pengguna media sosial, serta menjamin iklan Anda akan dilihat oleh mereka.

3. Adakan Kontes

Melalui kontes foto atau video yang diadakan dapat mendorong interaksi pada situs web atau media sosial yang dimiliki bisnis Anda. Foto atau video tersebut nantinya akan dibagikan oleh para peserta kepada teman dan keluarga mereka. Saat itulah, secara tidak langsung mereka akan melihat situs web dan media sosial yang dimiliki bisnis Anda.

4. Miliki Webinar atau Siaran Langsung Video

Webinar gratis merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen melalui pengalaman berharga yang akan didapatkan. Sementara itu, siaran langsung video dapat membantu Anda terhubung langsung dengan audiens dengan interaksi 'real-time'.


5. Promosikan 'Gated Content'

Istilah ini merupakan kata lain dari konten eksklusif dengan menargetkan permasalahan spesifik yang ada pada target pasar. Konten ini berada di dalam 'gerbang' virtual yang mengharuskan pengguna memberikan informasi mereka untuk mendapatkan akses.

Editor : Dini Listiyani