Microsoft Kalahkan Mozilla Firefox, Edge Kini Jadi Browser Populer Kedua di Dunia

Dini Listiyani ยท Senin, 06 April 2020 - 17:30 WIB
Microsoft Kalahkan Mozilla Firefox, Edge Kini Jadi Browser Populer Kedua di Dunia

Microsoft Edge (Foto: Microsoft0

REDMOND, iNews.id - Microsoft telah meningkatkan Internet Explorer selama bertahun-tahun. Lalu, produsen software ternama ini memperkenalkan browser baru bernama Edget bersama Windows 10.

Keputusan Microsoft untuk memperkenalkan browser baru terbukti bagus. Pasalnya, menurut statistik penggunaan yang dibagikan NetMarketShare, browser Microsoft Edge sekarang menjadi peramban terpopuler kedua di dunia.

Sebelumnya, posisi browser populer kedua ditempati Mozilla Firefox. Browser kembangan Mozilla ini memiliki market share 7.2 persen dan Microsoft Edge berhasil mengunggulinya dengan mengklaim pasar sebanyak 7,6 persen.

Kendati demikian, browser Google, Chrome tetap menjadi peramban dominan yang mengusai market share 68,5 persen. Menurut Ubergizmo, Senin (6/4/2020), diperlukan waktu bagi Microsoft Edge dapat mengambil posisi Chrome sebagai browser terpopuler.

Nah, keputusan Microsoft untuk membangunkan kembali Edge menggunakan Chromium (platform yang sama dengan dibangun Chrome) disinyalir dapat membantunya. Karena, dengan menggunakan Chromium, Edge sekarang akan lebih kompetitif dengan lebih banyak website.

Selain itu, dengan penggunaan Chromium Edge juga dapat menggunakan ekstensi browser yang sama dengan Chrome. Artinya, pengguna tidak perlu berkompromi pada ekstensi tertentu jika mereka memutuskan untuk berhenti menggunakan Chrome.

Editor : Dini Listiyani