Mirip WhatsApp, Facebook Batasi Forward Pesan Messenger

Dini Listiyani ยท Jumat, 04 September 2020 - 11:44 WIB
Mirip WhatsApp, Facebook Batasi Forward Pesan Messenger

Facebook Messenger (Foto: Facebook)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Facebook mencoba menyatukan perilaku di media sosialnya. Awal tahun ini, WhatsApp membatasi pesan yang dapat diteruskan dan kini Facebook melakukan hal serupa.

Layaknya rantai email di masa lalu, Forward pesan sangat mudah, sehingga banyak orang menerima begitu saja pesan berpotensi berbahaya. Tidak semua orang meluangkan waktu untuk menganalisis isi pesan, terutama jika pesan berasal dari orang yang dipercaya.

Forward membuat pesan terlalu mudah untuk menyebarkan informasi palsu. WhatsApp memiliki masalah penyebaran informasi palsu dalam skala besar dan berbahaya tahun lalu.

Perusahaan perpesanan tersebut kemudian membatasi berapa kali pesan dapat diteruskan dan seberapa banyak orang yang dapat diteruskannya. Beberapa bulan yang lalu, WhatsApp menempatkan batasan yang lebih ketat karena lonjakan informasi yang salah tiba-tiba tentang COVID-19.

Facebook sekarang menghadapi masalah yang sama. Kali ini dengan kecenderungan yang lebih politis, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (4/8/2020).

Ketika Amerika Serikat dan beberapa negara menuju pemilihan besar, jaringan sosial secara alami khawatir akan menjadi kendaraan untuk pemilihan dan kegiatan lain yang akan menempatkannya di kondisi panas.

Untuk mencegah hal itu terjadi sejak awal, Facebook membatasi forward pesan di Messenger-nya sendiri. Sekarang Messenger hanya dapat meneruskan pesan ke lima orang atau grup pada satu waktu.

Tapi, Facebook tidak menyebutkan batasan lebih lanjut selain itu. Messenger adalah salah satu platform utamanya yang juga rentan terhadap penyebaran informasi yang salah atau, terutama di saat-saat yang tidak pasti ini.

Editor : Dini Listiyani