Orang Indonesia Kini Andalkan Platform Online untuk Belanja, meski Tempat Offline Buka
JAKARTA, iNews.id - Google menjadi salah satu alat orang untuk mencari ide atau inspirasi. Guna mempermudah brand memahami apa yang dicari konsumen, Google mengeluarkan laporan soal pergeseran perilaku konsumen.
Disusun berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020- Agustus 2021), eConomy 2021, dan Google Destinaton Insights (November 2020-Oktober 2021), laporan ini menunjukkan beberapa tren besar. Pertama, orang Indonesia mengandalkan platform online untuk mencari dan membeli saat ingin berbelanja bahkan saat tempat-tempat offline mulai buka kembali.
Trend kedua ditemukan orang Indonesia mencoba memaksimalkan pendapatan dengan berbagai cara baru sambil berusaha menghemat uang. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan penelusuran saham pemula sebesar 128 persen dan kenaikan minat penelusuran untuk kemasan ekonomis sebesar 56 persen.
Laporan juga menunjukkan orang Indonesia ingin tahun apakah mereka berhubungan dengan brand yang menggap penting praktik yang etis dan berkelanjutan. Selain itu, juga ditemukan keamanan online menjadi kekhawatiran yang bertambah, dengan kenaikan penelusuran kebocoran data sebesar 33 persen dan berita bohong 52 persen.