Pac-Man Berusia 40 Tahun, Ini 5 Rahasia yang Tak Diketahui Banyak Orang

Dini Listiyani ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 13:05 WIB
Pac-Man Berusia 40 Tahun, Ini 5 Rahasia yang Tak Diketahui Banyak Orang

Pac-Man Google (Foto: Google)

CALIFORNIA, iNews.id - Pong and Space Invaders sudah besar. Tapi, saat Pac-Mac tiba, game ternyata bisa menjadi lebih besar lagi Pong and Space Invaders.

Pac-Man kini sudah menginjak usia 40 tahun. Game yang satu ini bahkan masih menjadi ikon paling dikenal hingga saat ini oleh banyak orang.

Meski Pac-Man menjadi ikon yang paling terkenal saat ini bukan berarti game tidak punya rahasia. Nah, berikut ini 5 rahasia Pac-Man yang mungkin belum Anda ketahui, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Sabtu (24/5/2020).

Pac-Man Dirancang sebagai Penyeimbang Sosial

Saat Pac-Man debut pada 22 Mei 1980, video game sebagian besar dianggap sebagai klub anak laki-laki. Penciptanya, Toru Iwatani, dalam presentasi di GDC 2011 mengatakan dia ingin membuat game untuk mengubahnya.

“Alasan saya menciptakan Pac-Man adalah karena kami ingin menarik gamer perempuan. Orang-orang harus pergi ke pusat arcade untuk bermain game. Itu adalah taman bermain untuk anak laki-laki. Itu kotor dan debu. Jadi, kami ingin memasukkan game wanita, jadi itu akan menjadi lebih bersih dan cerah,” katanya.

Tak Ada yang Tahu Berapa Banyak Uang yang Dihasilkan Franchise

Menjabarkan persis berapa banyak uang tunai yang dihasilkan Pac-Man bukanlah masalah sederhana. Miliran dolar yang diperoleh dari game selama masa puncaknya di arcade tidak mungkin dihitung secara definitif.

Apalagi karakter Pac-Man telah muncul dalam begitu banyak game yang berbeda dan telah dagangkan dalam banyak cara yang berbeda.

Pac-Man Punya Makna Tersembunyi

Iwatani berpikir keras bagaimana merancang game yang akan menarik pemain wanita. Dia memikirkan betapa istrinya sangat suka makan makanan dessert.  Kata kerja itu, ‘makan,’ memulai proses pemikiran yang mengarah ke game. Nama asli Pac-Man di Jepang adalah Puck-Man.

Midway Games, yang mendistribusikan judul di Amerika Serikat, mengubahnya menjadi Pac-Man, sehingga tidak menghilangkan bagian P.

Ada Fitur yang Tak Pernah Dikerjakan Iwatani

1980-an adalah era kreativitas eksplosif dalam industri video game, tapi teknologinya tidak terlalu maju. Itu menguntungkan Pac-Man karena game ini cukup dasar sehingga dapat diakses langsung oleh pemain baru. Tapi, Iwatani mengatakan ada satu mekanik game yang dia inginkan.

“Saya ingin memiliki tempat berlindung dan itu akan bergerak naik dan turun. Saat hantu itu datang, hantu itu akan terjepit oleh tempat perlindungan yang akan menjelekkan hantu,” ujarnya.

Pac-Man Debut Usai Tragedi

Pac-Man debut pada 22 Mei, 4 hari setelah gunung St. Helens memuntahkan abu dan uap vulkanik ke langit di negara bagian Washington barat daya.

Editor : Dini Listiyani