Palapa Ring Bakal Diresmikan Pekan Ini

Dini Listiyani · Kamis, 10 Oktober 2019 - 00:03 WIB
Palapa Ring Bakal Diresmikan Pekan Ini

Asisten Deputi Telematika & Utilitas Kementerian Koordinator Perekonomian Eddy Satriya. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah rencananya meresmikan proyek Palapa Ring pekan ini. Rencana tersebut diutarakan oleh Asisten Deputi Telematika & Utilitas Kementerian Koordinator Perekonomian Eddy Satriya.

Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Proyek ini terbagi atas Palapa Ring Tengah, Timur, dan Barat.

"Palapa Ring sudah beres, sudah beroperasi semua," kata Eddy usai acara Dialog Nasional Indonesia Internet Governance Forum di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Rencananya, proyek Palapa Ring akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat (11/10/2019) lewat video conference di istana. Video conference itu sendiri akan dilakukan dari lima lokasi berbeda.

"Jumat ini Insyaallah diresmikan pak presiden dari istana. Nanti video conference ke lima lokasi," ujarnya.

Lima lokasi yang disebutkan tersebut berasal dari luar Pulau Jawa. Sebagian besar lokasi tersebut akan berasal dari daerah Papua dan Papua Barat.

Seperti disebutkan sebelumnya, Palapa Ring terbagi menjadi tiga bagian yakni Timur, Tengah, dan Barat. Belum lama ini, pemerintah merampungkan Palapa Ring Timur.

Proyek Palapa Ring mulai operasional sejak 29 Agustus 2019. Palapa Ring Timur juga sudah melewati periode uji coba operasional dan komersial.

Palapa Ring Timur menjangkau 51 kabupaten/kota yang melalui empat provinsi yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat, terdiri atas 35 kabupaten/kota layanan, dan 16 kabupaten/kota interkoneksi.

Dalam rangka penggunaan jaringan Palapa Ring Timur, BAKTI menetapkan tarif untuk kerja sama dengan pelanggan Palapa Ring Timur sebagai mitra penyelenggara. Sebagai penyelenggara, pelanggan Palapa Ring Timur akan mendapatkan potongan harga sesuai kebijakan BAKTI. Terdapat skema diskon untuk empat pelanggan pertama Palapa Ring Timur.

Menurut keterangan Kominfo, penetapan tarif penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth ditetapkan berdasarkan nilai investasi, harga pasar, dan jumlah pengguna jasa. Setiap pengguna jasa penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth dapat menggunakan masing-masing kapasitas sebesar maksimal 10 Gbps (untuk segmen jaringan serat optik, baik serat optik darat maumpun serat optik bawah laut).

Adapun tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fibre ditetapkan berdasarkan pertimbangan tarif penyediaan biaya per unit layanan dengan memerhatikan nilai investasi, harga pasar, dan panjang kabel. Penyelesaian Proyek Palapa Ring Timur menandakan penyelesaian Proyek Palapa Ring secara keseluruhan, menyusul Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah.


Editor : Tuty Ocktaviany