Pemerintah Sediakan Chatbot WhatsApp untuk Registrasi Vaksin Covid-19, Ini Nomornya

Fikri Kurniawan ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:15:00 WIB
Pemerintah Sediakan Chatbot WhatsApp untuk Registrasi Vaksin Covid-19, Ini Nomornya
Pemerintah Sediakan Chatbot WhatsApp untuk Registrasi Vaksin Covid-19 (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes) telah dimulai. Untuk registrasi, pemerintah menyediakan sejumlah kanal untuk mempermudahnya. 

Pemerintah menyediakan kanal UMB119#, aplikasi PeduliLindungi, dan situs pedulilindungi.id. Registrasi dilakukan setelah Nakes memperoleh pemberitahuan melalui SMS. 

Demi memudahkan, melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

"Bersama Kemenkes dan dengan dukungan WhatsApp, kami juga menyediakan chatbot ini untuk kanal input data bagi SDM Nakes yang belum terinput datanya," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, di Jakarta, Sabtu (16/01/2021).

Jadi, jika data Nakes telah masuk ke dalam chatbot, maka channel ini akan terhubung ke PeduliLindungi sebagai channel utama, sehingga datanya akan tertuju kepada satu data juga.

Johnny menambahkan, tenaga kesehatan yang menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 dapat mengisikan data diri melalui Chatbot WhatsApp di tautan bit.ly/vaksincovidRI atau di nomor 081110500567.

"Tenaga kesehatan yang belum menerima pemberitahuan vaksinasi melalui SMS PEDULICOVID, dapat mengirimkan data melalui kanal itu dengan mengikuti langkah-langkah yang diarahkan dalam Chatbot," katanya.

Menurut Menteri Johnny, awalnya fitur pendaftaran melalui chatbot untuk vaksinasi Covid-19 akan ditempatkan di Chatbot Covid19. Namun, karena fungsinya berbeda, akhirnya menggunakan akun sendiri.

"Tetapi tahap awal mesinnya di integrasikan dengan mesin chatbot Covid19 agar saling backup," ungkapnya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2