Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Dini Listiyani ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:21:00 WIB
Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa
Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa ada beberapa. Perbedaan paling mencolok antara WhatsApp bisnis dan biasa terlihat pada fitur yang dibawa masing-masing. 

WhatsApp mendulang popularitas selama beberapa tahun sejak diluncurkan pada 2009. Dengan lebih dari 2 juta pengguna aktif secara global, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi terbaik dunia. 

WhatsApp versi reguler adalah tool yang berguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Jika memiliki bisnis, WhatsApp Business berfungsi sebagai platform hebat untuk mengelola hubungan bisnis antara Anda dan pelanggan. 

Jadi, sebenarnya apa perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa? Sebenarnya, WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasanya hampir sama. WhatsApp Bisnis dibangun di WhatsApp Client dan mendukung semua fitur yang dimiliki WhatsApp biasa. 

Satu-satunya perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa adalah fitur yang disediakan Business kepada pengguna. Karena, ada beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang tak ada di WhatsApp biasa. 

Supaya lebih jelas, berikut ini perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa sebagaimana yang telah dirangkum iNews.id, Rabu (13/10/2021).

Profile Pengguna

WhatsApp Business memungkinkan Anda membuat profil yang disesuikan dengan produk dan layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Dibanding dengan WhatsApp biasa, Anda hanya bisa memiliki foto profile, nama, dan deskripsi. 

WhatsApp bisnis justru mempunyai fitur tambahan seperti Business categories, Business hours, Business address, A link to your website, dan Your catalog, sebagaimana dikutip dari Make Use Of. 

Chat Labels

Layaknya Quick Reply, Chat Label hanya ada di WhatsApp Business. Sedangkan WhatsApp biasa tidak mempunyai fitur Chat Labels tersebut. Fitur Chat Labels ini membantu Anda membuat akun tetap rapi.

Anda bisa menetapkan label yang berbeda setiap obrolan, bersama dengan mengalokasikannya dalam  berbagai warna. Ini akan membantu Anda melacak pesan, menghasilkan prospek, dan menjaga akun WhatsApp Business tetap terkendali.

Quick Reply

Perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp juga ada pada fitur Quick Reply. WhatsApp Business mempunyai fitur Quick Reply sedangkan versi standar tidak ada. 

Untuk memulai Quick Reply juga caranya mudah. Anda hanya perlu pergi ke Settings> Quick Replies. Setelah mengatur ini, Anda bisa menjawab sejumlah FAQ. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: