Software untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows, Salah Satunya BlueStacks

Dini Listiyani ยท Senin, 13 Januari 2020 - 06:33 WIB
Software untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows, Salah Satunya BlueStacks

Software BlueStacks (Foto: YouTube/BlueStacks)

JAKARTA, iNews.id - Menjalankan aplikasi Android di Windows bukan perkara sulit sekarang. Berkat berbagai emulator, aplikasi player, dan mirroring, menjalankan aplikasi Android di Windows menjadi lebih mudah.

Di luar sana ada banyak emulator yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Android di Windows. Nah, berikut ini rekomendasi software yang dapat digunakan sebagaimana dirangkum dari Makeuseof, Senin (13/1/2020).

BlueStacks
BlueStacks adalah aplikasi player Android yang akan membiarkan Anda memainkan game Android di PC. Software BlueStacks tersedia secara gratis tapi dilengkapi dengan versi berlangganan premium juga.

Karena fungsinya yang terfokus, BlueStacks juga sangat mudah dipasang. Anda dapat memilih jenis lingkungan simulasi yang diinginkan berdasarkan pada berbagai pengaturan awal perangkat.

Untuk menggunakan BlueStacks, Anda harus masuk dengan akun Google untuk menggunakan Play Store. Selain ini dan beberapa pengaturan kecil lainnya, Anda dapat mulai mencoba aplikasi pada PC dalam waktu singkat.

Android Studio
Jika Anda mencari emulator Android berfitur lengkap, coba gunakan emulator resmi Google di dalam Android Studio. Sebagai lingkungan pengembang resmi untuk aplikasi Android, Android Studio memungkinkan Anda meniru versi Android terbaru dan membuat perangkat virtual.

Alat ini jelas ditujukkan untuk pengembang dan bukan konsumen umum. Oleh karena itu, software jauh lebih kompleks dibanding emulator biasa. Software memiliki pengeditan kode, analisis APK, dan emulasi tingkat lanjut.

Android Studio terseda secara gratis dari situs web Android Developers. Anda perlu menginstal Java untuk menjalankan program, tapi untungnya Android Studio sekarang menyertakan JDK.

AirDroid
Jika Anda memiliki ponsel Android yang cakap dan hanya ingin melihat aplikasi di layar yang lebih besar atau menggunakan keyboard dan mouse sebagai input, coba gunakan mirroring. Salah satu opsi untuk ini adalah AirDroid.

AirDroid memungkinkan Anda mirroring dan mengontrol perangkat Android dengan komputer. Artinya, Anda juga dapat menjalankan aplikasi dan mengendalikannya secara langsung melalui PC Anda.

Sebagai bonus tambahan, Anda dapat menjalankan AirDroid di Chrome. Namun, AirDroid juga menawarkan software mandiri untuk PC Anda. Untuk menggunakan salah satu versi, Anda juga perlu aplikasi seluler AirDroid pendamping dipasang di smartphone.

Untuk memasangkan AirDroid ke smartphone, cukup akses software di komputer dan pindai kode QR yang telah disediakan. Menggunakan fungsi remote control AirDroid membutuhkan akses root atau melalui USB debugging jika ponsel Anda tidak di-root.

Kelemahan AirDroid adalah mirroring perangkat Anda menghasilkan sedikit keterlambatan. Meski begitu, AirDroid berguna jika Anda ingin menjalankan aplikasi Android di PC tanpa lingkungan yang ditiru. AirDroid hadir dengan banyak fitur lain juga seperti notifikasi seluler dan pengiriman pesan melalui PC Anda.


Editor : Dini Listiyani