Suka Pakai Dark Mode di Ponsel, Simak Keuntungan dan Kekurangannya

Siska Permata Sari ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 15:07 WIB
Suka Pakai Dark Mode di Ponsel, Simak Keuntungan dan Kekurangannya

Dark mode (Foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini sudah banyak ponsel yang mempunyai fitur ‘Dark Mode’ atau mode gelap. Fitur ini bisa diaktifkan sesuai dengan waktu, atau jika Anda menyukainya, Anda bisa mengaktifkan model gelap itu sepanjang hari.

Mode gelap merupakan mode tambahan yang dapat digunakan untuk menampilkan sebagian besar permukaan gelap di UI. Sehingga ini mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat sambil mempertahankan rasio kontras warna minimum yang diperlukan.

Beberapa aplikasi juga telah mengadopsi mode gelap tersebut. Mulai dari Facebook, Google, WhatsApp, Chrome, Instagram, Twitter, hingga YouTube.

Ternyata, penggunaan mode gelap ini ada pro dan kontranya, lho! Jika Anda suka menggunakan mode gelap, yuk simak kelebihan dan kekurangannya, seperti dirangkum dari Techahead, Minggu (26/7/2020).

Kelebihan

Kelebihan mode gelap di antaranya dapat meningkatkan ergonomi visual dengan mengurangi ketegangan mata. Kemudian, mengatifkan mode gelap juga bisa menyesuaikan layar dengan kondisi pencahayaan yang ada sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna di malam hari atau di lingkungan yang gelap.

Selain itu, penggunaan mode ini juga bisa menghemat daya baterai, sehingga memungkinkan penggunaan perangkat untuk periode yang lebih lama tanpa pengisian daya. Hal ini terutama berlaku bagi ponsel yang menggunakan layar OLED. Terakhir, mode gelap juga mengurangi silau sehingga meminimalkan cahaya biru pada layar.

Kekurangan

Di balik kelebihannya yang banyak, menggunakan mode gelap di waktu yang tidak tepat justru dapat berdampak sebaliknya. Misalnya, dalam kondisi cahaya yang terang, teks tampak pudar, dan ini dapat meningkatkan kelelahan mata. Selain itu, ada konten dan teks tertentu yang sifatnya panjang, sulit dibaca saat menggunakan mode gelap.

Editor : Dini Listiyani