Thanksgiving di Luar Angkasa, Begini Cara Astronot Merayakannya

Dini Listiyani ยท Jumat, 26 November 2021 - 06:36:00 WIB
Thanksgiving di Luar Angkasa, Begini Cara Astronot Merayakannya
Thanksgiving di Luar Angkasa, Begini Cara Astronot Merayakannya (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Astronot International Space Station (ISS) merencanakan turkey trot dan beberapa makanan khusus. Makanan itu akan disajikan untuk merayakan Thansgiving pada 25 November 2021. 

Lima astronot dari tujuh orang kru Expedition 66 berkumpul merekam video YouTube yang dirilis pada 22 November oleh Johnson Space Center NASA terkait bagaimana mereka akan merayakan liburan saat berada di orbit.

Astronot NASA Raja Chari mengakui astronot masih perlu berolahraga 90 menit hingga dua jam agar tetap sehat selama berbulan-bulan dalam microgravitasi. Tapi, untuk membuat segalanya menyenangkan, secara tradisional kru ISS menyebut waktu treadmill Thanksgiving mereka sebagai turkey trot. 

"Saya punya beberapa ikat kepala berwarna kejutan khusus untuk dipakai kru," katanya, bercanda latihan itu akan memungkinkan mereka untuk menghilangkan kalori dari makanan Thanksgiving, yang akan mencakup makanan lezat seperti kepiting bisque, manisan ubi dan ceri.

Para kru mengakui sulit untuk menghabiskan waktu jauh dari keluarga dan teman-teman mereka di Bumi selama musim liburan. Konon, para astronot juga mencatat pelatihan menjelang ekspedisi stasiun luar angkasa dapat berlangsung hingga dua tahun dan menumbuhkan kolegialitas yang erat.

"Bagi saya, Thanksgiving selalu tentang menghabiskan waktu bersama orang yang paling saya cintai," kata astronot NASA Kayla Barron. Para kru, katanya, akan mengundang rekan kosmonot untuk bergabung  dari sisi stasiun luar angkasa Rusia. 

Sebagai bonus, kata Barron, persiapan makan tidak akan memakan waktu lama seperti di Bumi, karena sebagian besar dari apa yang dimakan astronot hanya perlu dipanaskan kembali atau dirakit sebentar, sebagaimana dikutip dari Space. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: