TikTok Kini Peringatkan Pengguna saat Video Menyesatkan Dibagikan

Dini Listiyani ยท Jumat, 05 Februari 2021 - 14:05:00 WIB
TikTok Kini Peringatkan Pengguna saat Video Menyesatkan Dibagikan
TikTok Kini Peringatkan Pengguna saat Video Menyesatkan Dibagikan (Foto: Ist)

CALIFORNIA, iNews.id - TikTok kini telah bergabung dengan Twitter, Facebook, dan sejumlah platform media sosial lainnya untuk memerangi konten palsu atau menyesatkan di platform mereka. Platform sekarang meluncurkan sistem peringatan dini baru yang akan memperingatkan pengguna saat konten tidak berdasar dibagikan. 

Perintah ini akan muncul di konten video yang tidak dapat dikonfirmasi oleh platform pengecekan fakta berbasis web mitra TikTok, PolitiFact, Lead Stories, dan SciVerify. TikTok mengatakan fitur ini sangat berguna selama event berlangsung sebelum pemeriksa fakta mengumumkan opini akhir mereka tentang konten tersebut. 

Setiap kali pengguna mencoba membagikan kembali video dengan konten yang tidak berdasar, peringatan abu-abu akan muncul di bagian atas layar. Meskipun pengguna masih dapat membagikan video, dia akan diberi tahu tentang menjadi penyiar potensial dari konten yang menyesatkan. 

TikTok menjelaskan tujuannya adalah membuat Anda berpikir dua kali sebelum menjadikan pengguna sebagai penyiar konten yang tidak diverifikasi. Pembuat konten video yang belum diverifikasi juga akan mendapat peringatan dari TikTok jika kontennya ditandai.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2