Tingkatkan Keamanan, iOS 16 Bawa Fitur Lockdown Mode

Dini Listiyani · Kamis, 07 Juli 2022 - 12:06:00 WIB
Tingkatkan Keamanan, iOS 16 Bawa Fitur Lockdown Mode
iOS 16 Bawa Fitur Lockdown Mode (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Apple memperkenalkan lapisan keamanan ekstra yang datang ke iOS 16. Lapisan keamanan yang dimaksud disebut Lockdown Mode. Apa yang dimaksud dengan fitur Lockdown Mode?

Perusahaan berbasis Cupertino ini mengumumkan fitur keamanan siber ekstrem baru pada 6 Juli dengan tujuan melindungi orang-orang yang berisiko diserang spyware tentara bayaran yang ditargetkan. 

Lockdown Mode adalah fitur opsional yang tidak dibutuhkan setiap pengguna iPhone. Tapi, kemungkinan besar akan digunakan politisi, aktivis, selebriti, dan tokoh masyarakat lainnya yang takut menjadi sasaran spyware dibuat perusahaan swasta. 

Ini termasuk NSO Group, yang digugat musim gugu lalu karena menggunakan Pegasus untuk meretas telepon tokoh politik di seluruh dunia. “Sementara sebagian besar pengguna tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan bekerja tanpa lelah untuk melindungi sejumlah kecil pengguna yang menjadi korbannya,” kata Ivan Krstić, kepala Teknik Keamanan dan Arsitektur Apple.

Itu termasuk terus merancang pertahanan khusus untuk para pengguna ini, serta mendukung peneliti dan organisasi di seluruh dunia melakukan pekerjaan yang sangat penting dalam mengungkap perusahaan tentara bayaran yang menciptakan serangan digital ini.

Saat Lockdown Mode diaktifkan, fitur membatasi fungsionalitas iPhone untuk membuatnya kebal terhadap serangan. Ini memblokir beberapa jenis lampiran pesan selain gambar, menonaktifkan tautan pratinjau, memblokir panggilan FaceTime dari kontak yang tidak dikenal, dan mencegah koneksi kabel ke komputer atau aksesori saat iPhone terkunci — antara lain.

Apple juga memberikan hibah sebesar 10 juta dolar AS kepada Dignity and Justice Fund untuk mendukung penelitian dalam meningkatkan keamanan siber, serta menyelidiki dan mencegah serangan siber yang sangat ditargetkan. 

Uang penelitian tambahan apa pun akan berasal dari ganti rugi yang diberikan dari gugatan yang sedang berlangsung terhadap NSO Group, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda