Tips Aman Meeting lewat Zoom, Salah Satunya Kunci Rapat Anda

Siska Permata Sari ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 21:03 WIB
Tips Aman Meeting lewat Zoom, Salah Satunya Kunci Rapat Anda

Aplikasi Zoom (Foto: Zoom)

JAKARTA, iNews.id - Penggunaan aplikasi konferensi video Zoom melonjak di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Tapi belakangan ini, penanganan privasi dari aplikasi tersebut menjadi sorotan banyak pihak.

Menanggapi hal ini, Zoom telah mengembangkan aplikasinya lagi dengan mengaktifkan fitur keamanan yang lebih solid. Di antaranya ada entri password dan Waiting Rooms.

Kendati demikian, masih ada saja yang khawatir terkait privasinya. Misalnya, SpaceX yang melarang karyawan menggunakan aplikasi konferensi video Zoom karena masalah privasi dan keamanan. Kemudian juga negara-negara seperti Taiwan dan Jerman yang melarang penggunaan Zoom.

Jika Anda salah satu pengguna yang khawatir terkait masalah privasi, Anda bisa membuat meeting Zoom Anda lebih aman. Berikut lima langkah mudahnya, seperti dirangkum dari ZDNet, Jumat (1/5/2020).

Pakai kata sandi

Cara paling sederhana untuk mencegah peserta yang tidak diinginkan dan pembajakan adalah dengan memproteksi meeting Anda dengan password atau kode sandi. Kata sandi dapat diatur pada tingkat pertemuan, pengguna, grup, atau akun individu untuk semua sesi.

Otentikasi pengguna

Saat membuat acara baru seperti meeting dan webinar, Anda harus memilih untuk hanya mengizinkan pengguna tertentu untuk berpartisipasi. 

Mengunci rapat Anda

Setelah sesi dimulai, buka tab "Kelola Peserta", klik "Lainnya", dan pilih untuk "mengunci" rapat Anda segera setelah setiap peserta yang diharapkan tiba. Ini akan mencegah orang lain untuk bergabung bahkan jika ID rapat atau detail akses telah disebarkan.

Matikan ‘berbagi layar’ dan hindari fitur berbagi file

Tidak seorang pun ingin melihat materi pornografi atau informasi ngawur yang dibagikan oleh pembajak Zoom. Oleh sebab itu, Anda dapat menonaktifkan kemampuan bagi peserta rapat untuk berbagi layar. Opsi ini dapat diakses dari tab "Keamanan".

Selain itu, hindari fitur berbagi file rapat, terutama jika ada pengguna yang tidak Anda kenal, sehingga mereka tidak bisa mengirim konten, yang mungkin berbahaya.

Gunakan ruang tunggu

Fitur Ruang Tunggu adalah cara untuk menyaring peserta sebelum mereka diizinkan masuk rapat. Meskipun berguna secara sah untuk keperluan acara, ini juga memberi tuan rumah kendali lebih besar atas keamanan sesi.

Editor : Dini Listiyani