Tips Bikin Konten Edukasi di TikTok

Dini Listiyani ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 15:05:00 WIB
Tips Bikin Konten Edukasi di TikTok
Tips Bikin Konten Edukasi di TikTok (Foto: Screenshot)

JAKARTA, iNews.id - Konten edukasi menjadi salah satu yang populer di TikTok. Sebenarnya, Anda tidak hanya bisa menonton video saja, tapi juga bisa menjadi kreator edukasi di platform video pendek tersebut. 

TikTok mempunyai banyak kategori di platform mereka, salah satunya TikTok. Menurut Kevin Chandra, Senior Category Operation Manager, TikTok Indonesia, konten edukasi adalah kategori yang mempunyai pertumbuhan paling cepat. 

Terbukti, dalam waktu singkat, edukasi sudah menduduki posisi 5 teratas di TikTok. Kevin mengaku, perkembangan ini tidak lepas dari dukungan komunitas TikTok, khususnya kreator edukasi di TikTok. 

Nah, jika Anda ingin membuat konten bersifat edukasi ada beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan. Misalnya, jika ingin membuat konten edukasi yang berdampak baik, buatnya konten yang practical dan juga relate dengan viewers. Karena itu sangat disukai. 

"Harus practical dan relate itu adalah konten yang disukai. Jadi kalau mau bikin konten edu buat serelate dan sepractikal mungkin," kata kreator edukasi TikTok Vina Muliana.

Vina juga menjelaskan, Anda juga bisa membuat konten yang berisi solusi dan juga memotivasi. Apalagi konten itu bisa membuat perubahan perilaku konten edukasi. 

Senada dengan Vina, kreator edukasi TikTok Pak Win atau Tjokro Wimantara juga menyatakan practical dan relatable penting. Namun, dia menambahkan poin lain yang dapat menjadi pedoman jika ingin menjadi kreator edukasi. 

"Agar bisa menarik keunikan yang konsisten di konten kita. Karena keunikan ini yang bisa inget apa yang ada di dalam konten. Tetap be your self, tapi tetap cari keunikan yang bisa dipegang di setiap konten mereka," ujar Pak Win. 

Tidak lupa, dia memaparkan pentingnya mengikuti trend yang sedang terjadi di sekitar kita. Mengingat, semua orang sedang terpaku pada topik yang sedang trending tersebut. 

"Idealnya, kita buat yang lagi trending. Kita cari konten seperti apa untuk edukasi dengan mensinergikan yang sedang trending. Karena, orang akan terpaku dengan yang sedang trending. Untuk membuat exprience konten fun engage dengan pengguna," ujarnya. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda