Tips Jadi Kreator Andal di TikTok

Pernita Hestin Untari ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 12:06:00 WIB
Tips Jadi Kreator Andal di TikTok
Tips Jadi Kreator Andal di TikTok (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - TikTok adalah salah satu aplikasi yang diminati generasi muda saat ini. Aplikasi video pendek tersebut memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi content creator dengan berbagai fitur video menarik.

Category Operation Manager TikTok, Kevin Chandra pun membeberkan beberapa cara untuk menjadi seorang creator andal. Menurutnya konten yang menarik menjadi salah satu kunci agar video pengguna menjadi viral.

Lalu bagaimana caranya membuat konten yang menarik? Chandra mengatakan ada beberapa konten yang paling diminati orang-orang saat ini diantaranya edukasi, teknologi, fun fact/life hack, motivasi, dan fotografi.

"Untuk memilih tema mana yang digunakan, kalian bisa sesuaikan dengan hobi misalnya tertariknya dimana lalu dijadikan konten," tutur Chanda dalam Webinar Community Week Okezone x TikTok Indonesia.

Chandra pun menambah sebagai kreator seseorang juga perlu mempelajari tool yang ada di dalam aplikasi. Seperti halnya fitur green screen, text feature, add sound hingga duet feature. Hal tersebut membantu agar konten semakin menarik perhatian pengguna.

"Selalu up to date juga dan memposting cover video yang baik. Sehingga kontennya tertata rapi dan gunakan musik yang sedang trend dan tool yang tepat" ujarnya.

Selain itu, Chandra juga menyarankan pengguna juga perlu aktif menggunakan duet feature atau collab dengan TikTokers lainnya. Hal tersebut membuat cakupan komunitas pengguna semakin luas.

"Kalian juga harus selalu melengkapi profil, kita sarankan mencantumkan media sosial lainnya di bio. Barangkali video viral dan lebih luas jangkauannya. 

Kemudian akun teman-teman perlu berkarakter misalnya suka hitung-hitungan dan harus 70 persen terkait hitungan," katanya menambahkan.

"Terakhir yang penting jangan takut mencoba, yang punya hobi dan bakat bisa disebarkan ke temen-temen lain yang membutuhkan," katanya.

Editor : Dini Listiyani