Waspada Spyware Android Ini, Bisa Kendalikan Kamera dan Mikrofon

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 April 2022 - 10:03:00 WIB
Waspada Spyware Android Ini, Bisa Kendalikan Kamera dan Mikrofon
Waspada Spyware Ini di HP Android, Bisa Kendalikan Kamera dan Mikrofon (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Aplikasi berbahaya yang muncul di Google Play Store bukanlah masalah baru. Bahkan, pekan ini terungkap ancaman baru yang ditemukan terkandung dalam paket aplikasi Android (Apk) yang tampak tidak berbahaya. 

Menurut laporan, aplikasi berbahaya berpotensi terhubung ke grup hacker Rusia Turla, tapi Lab52 mengakui kemampuan spyware ini melampaui apa yang diyakini mampu dilakukan grup itu. Aplikasi berbahaya itu pertama kali ditemukan terhubung ke aplikasi yang tampaknya tidak terkait disebut Roz Dhan: Earn Wallet Cash. 

Penelitian Lab52 menunjukkan setelah aplikasi yang tidak berbahaya diunduh, aplikasi kedua, spyware, muncul dengan nama Process Manager, lengkap dengan ikon berbentuk roda gigi agar lebih terlihat seperti aplikasi resmi bergaya Setting, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.  

Aplikasi berbahaya dapat mengendalikan kamera, mikrofon, layar kunci, enkripsi penyimpanan perangkat Android, dan lainnya. Diberi izin oleh penggunanya, ikon aplikasi yang terkait dengan spyware dapat menghilang dan terus berjalan di latar belakang sementara pada dasarnya dapat mengontrol atau memantau fungsi perangkat dari atas ke bawah, tanpa mengintip.

Menyebutnya "kontrol penuh" sebenarnya tidak berlebihan, karena daftar proses yang terpengaruh oleh aplikasi berbahaya ini cukup luas, menurut Lab52. Aplikasi jahat dapat diam-diam merekam Anda melalui kamera atau mikrofon, mengirim pesan sendiri, membaca pesan teks, mendengarkan panggilan telepon, dan bahkan membaca informasi dari perangkat eksternal yang telah terhubung ke ponsel Android Anda.

Cara Menghindari Software Berbahaya Ini

Cara terbaik untuk memerangi bentuk spyware khusus ini adalah dengan tidak memberikan izin perangkat lunak sejak awal. Faktanya, ini adalah praktik dasar yang baik untuk sangat waspada terhadap aplikasi apa pun yang diunduh dari sumber yang tidak dikenal — dan terkadang sumber yang sudah dikenal juga — dan selalu perhatikan dengan cermat izin yang diminta aplikasi baru kapan pun.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda