WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Communities, Bisa Tampung 512 Anggota

Dini Listiyani ยท Kamis, 25 Agustus 2022 - 16:32:00 WIB
WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Communities, Bisa Tampung 512 Anggota
WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Communities (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp mulai meluncurkan fitur grup Communities barunya kepada pengguna aplikasi Android beta. Fitur ini dilaporkan oleh WABetaInfo. 

WABetaInfo melaporkan fitur yang digulirkan adalah peningkatan utama WhatsApp menurut CEO Meta Mark Zuckerberg. Fitur Communities WhatsApp telah dikembangkan selama hampir satu tahun. 

Tapi, Meta secara resmi mengisyaratkan keberadaannya April lalu dalam siaran pers yang merinci perubahan yang datang ke aplikasi perpesanan. Setelah beberapa bulan menunggu kedatangan, tim Messenger akhirnya memutuskan untuk mulai meluncurkan fitur itu. 

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp saat ini sedang menguji Communities dengan beberapa pengguna Android. Tampaknya versi 2.22.219.2 (beta) dan 2.22.219.2 (stabil) adalah yang pertama kompatibel, sebagaimana dikutip dari GizChina. 

Mereka yang menerima pembaruan akan menemukan tab Communities yang menggantikan tab Camera lama. Bagi yang masih awam, fitur Communities memungkinkan Anda mengelola semua grup terkait dengan mudah dan membuat subgrup untuk berbagai topik. 

Pengguna dapat membuat 10 subgrup dan masing-masing bisa berisi hingga 512 anggota. Setelah Anda membuat Communities di WhatsApp, grup secara otomatis dibuat di bawahnya. 

Pengguna WhatsApp dapat membuat Communities misalnya untuk sekolah dengan subkelompok untuk setiap kelas atau kegiatan ekstrakurikuler. Administrator kemudian dapat mengirimkan pengumuman ke seluruh grup untuk menjangkau semua pengguna, atau hanya grup tertentu.

Seorang anggota komunitas dapat memutuskan untuk bergabung dengan subkelompok berdasarkan minat mereka. Dia juga dapat meninggalkan subgrup kapan pun dia mau tanpa meninggalkan komunitas itu sendiri. 

Communities WhatsApp juga memungkinkan Anda memblokir orang-orang tertentu, melaporkan penyalahgunaan, dan banyak lagi. Juga, seperti obrolan biasa, mereka akan dienkripsi ujung-ke-ujung.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda