Xiaomi Tambahkan Fitur Sound Assistant ke MIUI 12, Pengguna Bisa Sesuaikan Volume untuk Aplikasi Tertentu

Dini Listiyani ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 21:10 WIB
 Xiaomi Tambahkan Fitur Sound Assistant ke MIUI 12, Pengguna Bisa Sesuaikan Volume untuk Aplikasi Tertentu

MIUI 12 (Foto: MIUI)

BEIJING, iNews.id - Pengguna PC Windows dapat menyesuaikan output volume untuk aplikasi tertentu. Fitur serupa segera tersedia di ponsel Xiaomi lewat update MIUI.

MIUI masa depan akan memungkinkan Anda menyesuaikan level volume untuk berbagai aplikasi seperti YouTube, Facebook, Spotify, dan lain-lainnya. Kemampuan tersebut disebut 'Sound Assistant' dan segera bisa diakses semua ponsel yang memiliki skin MIUI 12.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (30/6/2020), pengguna ponsel Xiaomi dapat men-trigger Sound Assistant hanya dengan menekan tombol volume up atau down saat memutar video atau mendengarkan musik. Tapi pertama-tama, Anda perlu mengaktifkan fitur di setting app.

Setelah mengaktifkannya di pengaturan, Anda dapat menyesuaikan volume pada setiap aplikasi di ponsel. Masuk ke Settings dan pergi ke Sounds & Vibration.

Tap, Sound Assistant dan aktifkan kedua opsi. Untuk memicu Sound Assistant, tekan tombol volume up atau down. Ikon musik bundar akan muncul di sisi kiri, tap, dan sesuaikan volume.

Xiaomi benar-benar mengambil langkah yang baik untuk menambahkan fitur audio yang dapat disesuaikan di MIUI. Namun, perusahaan mencatat, fitur ini hanya tersedia pada MIUI 12 China Beta ROM untuk sekarang dan akan dirilis secara global di kemudian hari.

Sayangnya, Anda tidak akan bisa melakukan ini pada ponsel stock Android. Stock Android tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan level suara aplikasi individual.

Namun, Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti App Volume Control Pro di ponsel Android Anda untuk mengatur volume yang di aplikasi yang berbeda.

Editor : Dini Listiyani