YouTube Luncurkan Shorts, Fitur Baru Pesaing TikTok

Siska Permata Sari ยท Selasa, 15 September 2020 - 18:38 WIB
YouTube Luncurkan Shorts, Fitur Baru Pesaing TikTok

YouTube luncurkan Shorts. (Foto: Thenextweb)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini TikTok telah menjadi platform berbagi video pendek yang sangat populer di kalangan anak muda. Tak hanya laris diunduh dan digunakan masyarakat dunia, TikTok juga menjadi ‘rebutan’ oleh perusahaan teknologi besar di Amerika.

Bahkan, aplikasi media sosial sekelas Instagram, belum lama ini meluncurkan fitur baru bernama ‘Reels’, yang memungkinkan pengguna merekam dan mengedit video pendek menyerupai TikTok.

Tak hanya Instagram, YouTube juga rupanya membuat fitur pesaing TikTok yang serupa. YouTube hari ini secara resmi mengumumkan 'Shorts', fitur video format pendek yang ada di dalam aplikasi utama.

Shorts membawa banyak hal ke tingkat berikutnya dengan menawarkan alat pembuatan video yang mirip dengan yang ditemukan di TikTok dan Reels.

Melansir dari The Next Web, Selasa (15/9/2020), fitur tersebut baru tersedia dengan versi beta-nya di India.

Short memungkinkan pengguna merekam video berdurasi 15 detik atau kurang. Beberapa klip dapat dirangkai menjadi satu, dan YouTube memanfaatkan perpustakaan musik berlisensi yang luas untuk memungkinkan penggunanya merekam dengan beberapa lagu latar belakang.

Pengguna akan melihat pengatur waktu dan hitungan mundur saat mereka mulai merekam. Pengguna juga dapat mengontrol kecepatan perekaman untuk menambahkan beberapa opsi kreatif.

YouTube mencatat bahwa meskipun Shorts berada dalam 'beta awal', mereka merilisnya saat ini untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna demi meningkatkan fitur dari waktu ke waktu. Menurut laporan TNW, fitur ini memang hampir tidak selengkap TikTok, tetapi ini baru saja permulaan.

Editor : Tuty Ocktaviany