YouTube Music Akhirnya Rilis di Indonesia, Ini Fitur yang Dibawa

Dini Listiyani ยท Rabu, 06 November 2019 - 15:31 WIB
YouTube Music Akhirnya Rilis di Indonesia, Ini Fitur yang Dibawa

YouTube Music (Foto: Play Store)

JAKARTA, iNews.id - YouTube akhirnya meresmikan aplikasi YouTube Music ke Indonesia. Layaknya aplikasi musik lainnya, YouTube Music hadir dengan lagu atau album berlisensi, fitur playlist, dan juga radio.

Menariknya, YouTube Music juga menampilkan video bukan hanya suara seperti aplikasi musik kebanyakan di luar sana. YouTube Music bisa dinimkati secara gratis oleh pendengar, tentu saja di dalamnya terdapat dukungan iklan. Namun bagi pengguna yang tidak ingin diganggu iklan, maka bisa mencoba fitur berbayar YouTube Music Premium.

Di samping itu, YouTube juga menghadirkan YouTube Premium. Dengan YouTube Premium pengguna dapat mengakses YouTube Music Premium, layanan bebas iklan, fitur pemutar latar belakang, dan download video offline sepuasnya.

"Kami hari ini atau besok akan meluncurkan dua layanan, YouTube Music dan YouTube Premium. Dua layanan baru ini merupakan ekstensi dari YouTube yang didukung iklan,” kata Group Product Manager Google, Brandon Bilinski dalam video conference di Kantor Google Indonesia yang dikutip dari Okezone, Selasa (6/11/2019).

Selain Indonesia, YouTube menghadirkan YouTube Music pada tujuh negara berbeda. Lima di antara terletak di Asia Tenggara. Menurut Brandon, YouTube memiliki peluang yang besar di Indonesia karena masyarakatnya sering mengakses layan berbagi video milik Google tersebut.

“Jadi jika saya berpikir tentang Indonesia secara umum, apa yang kami lakukan dengan peluncuran berlangganan ini sangat besar peluang bagi Indonesia secara umum. Anda (Indonesia) memiliki populasi besar yang seringkali sulit didapat sebut saja 270 juta. YouTube adalah bagian penting dari budaya Indonesia seperti yang Anda semua tahu dan kami telah sukses besar dengan artis dan creator di Indonesia,” kata Brandon.

Secara fitur, YouTube Music hadir dengan smart search yang membantu pengguna mencari lagu dengan lirik. Lalu, ada juga smart download, yang memungkinkan pengguna mengunduh hingga 500 lagu menggunakan Wifi berdasarkan selera musik.

Kemudian, pengguna juga bisa mengalihkan format audio ke video aat mengakses aplikasi. Terakhir, ada fitur Rilis Baru, yang akan merekomendasikan lagu yang baru dirilis sesuai dengan selera musik pengguna.


Editor : Dini Listiyani

TAG : youtube