5 Misi Luar Angkasa Menarik di 2021, Ada Peluncuran Teleskop Terbesar di Dunia

Dini Listiyani · Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:02:00 WIB
5 Misi Luar Angkasa Menarik di 2021, Ada Peluncuran Teleskop Terbesar di Dunia
Misi luar angkasa menarik di 2021 (Foto: Roscosmos/Space)

CALIFORNIA, iNews.id - Dunia eksplorasi luar angkasa tampaknya mulai membaik pada 2021. Banyak operasi luar angkasa dijadwalkan berlangsung sepanjang tahun ini. 

Misi luar angkasa yang berlangsung pada 2021 cukup menarik. Dan, bahkan tidak hanya dilakukan oleh satu negara saja. Perlombaan di dunia eksplorasi luar angkasa semakin sengit. 

Bagi yang penasaran misi luar angkasa apa saja yang berlansung pada 2021, berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari Mashable, Sabtu (8/5/2021).

1. NASA Mengirim Muatan Komersial Pertama ke Bulan pada Juni dan Oktober
Program Artemis NASA, yang bertugas membawa manusia kembali ke bulan secara permanen, akan meluncurkan Layanan Muatan Lunar Komersial (CLPS), yang memberi para pemain industri swasta kesempatan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan di Bulan.

NASA telah bermitra dengan Astrobotic Technology untuk membawa gelombang pertama dari 28 muatan CLPS ke bulan dengan pendarat Peregrine pada Juni. 14 item dalam muatan itu berasal dari NASA. Ini akan menandai pendaratan pesawat ruang angkasa pribadi pertama di permukaan bulan.

Pada Oktober, pendarat Nova-C Intuitive Machines akan membawa setidaknya lima muatan NASA ke Bulan dengan bantuan roket SpaceX Falcon 9.

2. Rusia Meluncurkan Luna 25 pada Oktober
Terakhir kali orang Rusia hadir di bulan pada 1976, ketika meluncurkan pendarat Luna 24. Didorong oleh perlombaan baru ke bulan oleh AS dan China, tentu saja Rusia juga menginginkannya.

Seperti namanya, Luna 25 akan menjadi misi terencana ke-25 Rusia. Dari apa yang diketahui sejauh ini, pendarat Luna 25 akan menuju ke kutub selatan Bulan, di mana mereka akan menguji teknologi pendaratan jenis baru yang diharapkan Rusia dapat diadaptasi untuk misi robotik di masa depan. Pendarat Luna 25 juga akan membawa serta seperangkat instrumen ilmiah untuk melakukan pengujian tanah Bulan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2