Asteroid Raksasa Dekati Bumi Besok, NASA: Status Berbahaya

Siska Permata Sari ยท Minggu, 13 September 2020 - 15:56 WIB
Asteroid Raksasa Dekati Bumi Besok, NASA: Status Berbahaya

Asteroid raksasa berdiameter sekitar 53-120 meter atau 174-393,7 kaki mendekati bumi besok. (Foto: Metro UK)

LONDON, iNews.id - Asteroid raksasa dilaporkan akan mendekati bumi besok. Batuan luar angkasa tersebut mempunyai diameter 53-120 meter atau sekitar 174-393,7 kaki bakal melewati bumi pada jarak 4,2 juta mil.

Batuan khusus itu disebut Asteroid 2020 QL2, yang akan melintasi ke dekat Bumi pada Senin depan, 14 September, tepatnya pukul 16.50 sore waktu Inggris.

Menurut Badan antariksa AS, asteroid yang datang dalam jarak 4,65 juta mil dari planet 'berpotensi berbahaya'.

“Perhatikan lintasan ‘dekat 'secara astronomis’ artinya bisa sangat jauh dalam istilah manusia, yaitu jutaan atau bahkan puluhan juta kilometer,” kata NASA seperti dilansir dari Metro UK, Minggu (13/9/2020).

Dalam pernyataan tertulis, NASA menjelaskan Potentially Hazardous Asteroids (PHA) atau ‘potensi berbahaya’ tersebut saat ini didefinisikan berdasarkan parameter yang mengukur potensi asteroid untuk perlintasan dekat yang bisa mengancam ke bumi.

Namun sebenarnya, setiap hari, sekitar seratus ton materi antarplanet melayang ke permukaan bumi.

Selain itu, badan tersebut juga merinci beberapa detail tentang apa yang akan terjadi jika salah satu dari bebatuan itu akhirnya menabrak bumi.

“Dengan interval rata-rata sekitar 10.000 tahun, asteroid berbatu atau besi yang lebih besar dari sekitar 100 meter diperkirakan akan mencapai permukaan bumi dan menyebabkan bencana lokal atau menghasilkan gelombang pasang yang dapat menggenangi daerah pesisir dataran rendah,” ujarnya.

Dia menambahkan, rata-rata setiap beberapa ratus ribu tahun atau lebih, asteroid yang lebih besar dari satu kilometer dapat menyebabkan bencana global.

“Dalam hal ini, puing-puing tabrakan akan menyebar ke seluruh atmosfer bumi sehingga kehidupan tanaman akan menderita karena hujan asam, sinar matahari terhalang sebagian, dan badai api yang dihasilkan dari puing-puing benturan panas yang menghujani permukaan bumi,” ujarnya.

Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan asteroid yang mendekat ke bumi dalam waktu dekat ini, karena itu telah terjadi di masa lampau. Namun meski demikian, juga harus tetap waspada terhadap kemungkinan mendekatnya asteroid dengan bumi di masa depan.

Editor : Dani Dahwilani