Asteroid yang Buntuti Mars Diklaim Kembaran Bulan

Dini Listiyani ยท Jumat, 06 November 2020 - 20:15:00 WIB
Asteroid yang Buntuti Mars Diklaim Kembaran Bulan
Asteroid yang Buntuti Mars Diklaim Kembaran Bulan (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Asteroid yang mengikuti jejak gravitasi Mars telah diamati secara lebih rinci dibanding sebelumnya. Dari dekat, batu luar angkasa ini mempunyai sesuatu yang menarik.

Asteroid yang disebut (101429) 1998 VF31adalah bagian dari kelompok asteroid trojan yang berbagi orbit Mars. Untuk diketahui, Trojan adalah benda langit yang jatuh ke dalam wilayah ruang yang seimbang secara gravitasi di sekitar planet lain, terletak 60 derajat di depan dan belakang planet.

Sebagian besar asteroid trojan yang diketahui berbagi orbit Jupiter. Tapi ada juga asteroid trojan yang berbagi orbit dengan planet lain, termasuk Mars dan Bumi.

Apa yang membuat (101429) 1998 VF31 (hereafter '101429') menarik adalah di antara trojan yang membututi Mars, 101429 tampak unik. Kelompok lainnya, yang disebut L5 Martian Trojans, semuanya termasuk dalam Eureka Family.

Namun, 101429 berbeda dan dalam studi baru yang dipimpin para astronom dari Armagh Observatory and Planetarium (AOP) di Irlandia Utara, para peneliti ingin memeriksa alasannya.

Menggunakan spektrograf yang disebut X-SHOOTER pada Very Large Telescope (VLT) 8 m European Southern Observatory di Chili, tim tersebut memeriksa bagaimana sinar matahari memantulkan 101429 dan kerabat L5-nya di keluarga Eureka.

Hanya saja, sepertinya 101429 dan klan Eureka bukanlah kerabat. Dengan analisis mengungkapkan 101429 menunjukkan kecocokan spektral untuk satelit yang lebih dekat ke rumah.

"Spektrum asteroid khusus ini tampaknya hampir mati-dering untuk bagian Bulan di mana ada batuan dasar terbuka seperti interior kawah dan pegunungan," jelas ahli astrokimia AOP Galin Borisov, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Jumat (6/11/2020).

Meskipun belum bisa dipastikan mengapa itu terjadi, para peneliti mengatakan masuk akal trojan Mars ini dimulai di suatu tempat yang jauh dari Planet Merah, dengan 101429 mewakili "fragmen peninggalan dari kerak padat asli Bulan".

Halaman : 1 2