Astronom Temukan Calon Exomoon Pertama, Mengorbit Planet Seukuran Jupiter

Dini Listiyani · Senin, 17 Januari 2022 - 05:31:00 WIB
Astronom Temukan Calon Exomoon Pertama, Mengorbit Planet Seukuran Jupiter
Astronom Temukan Calon Exomoon Pertama, Mengorbit Planet Seukuran Jupiter (Foto: Helena Valenzuela Widerström)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan lebih dari 4.000 exoplanet telah atau planet di luar tata surya telah dikonfirmasi. Para astronom sekarang berpikir sangat mungkin ada Bulan di luar Tata Surya.

Para astronom dari Universitas Columbia percaya mereka telah menemukan bukti exomoon. Potensi exomoon, yang sangat besar dan mengorbit planet seukuran Jupiter yang disebut Kepler 1708b, terletak 5.500 tahun cahaya.

Exomoon ini adalah calon Bulan di luar Tata Surya kedua yang ditemukan tim yang sama, yang dipimpin David Kipping. "Para astronom telah menemukan lebih dari 10.000 kandidat exoplanet sejauh ini, tapi exomoon jauh lebih menantang. Mereka adalah terra incognita," kata Kipping dalam sebuah pernyataan.

Kipping dan timnya melihat data arsip dari teleskop Kepler NASA dan mengamati planet raksasa gas terdingin. Mereka memilih untuk fokus pada exoplanet ini karena planet setara di tata surya kita, Jupiter dan Saturnus, keduanya memiliki banyak bulan yang mengorbitnya.

Halaman : 1 2