Astronot Abadikan Jejak Bintang di Luar Angkasa, Perlihatkan Airglow

Dini Listiyani · Kamis, 22 September 2022 - 15:00:00 WIB
Astronot Abadikan Jejak Bintang di Luar Angkasa, Perlihatkan Airglow
Astronot Abadikan Jejak Bintang di Luar Angkasa (Foto: Donald Pettit/NASA)

JAKARTA, iNews.id - Astronot NASA menangkap jejak bintang dari luar angkasa dalam gambar menakjubkan yang diambil di International Space Station (ISS). Bagaimana penampakannya?

Donald Pettit, seorang astronot Amerika aktif yang telah melakukan perjalanan ke ISS tiga kali secara terpisah, dapat menggunakan waktu luangnya selama misi mengambil gambar luar angkasa dalam kubah kaca stasiun untuk memberikan pemandangan kosmos yang epik. 

Dia menyiapkan kamera Nikon D3s dan membiarkannya mengambil bidikan exposure 15 menit. Di bagian atas gambar, garis putih menunjukkan jejak bintang jauh, yang melengkung karena rotasi stasiun luar angkasa saat mengorbit Bumi.

Bumi itu sendiri terlihat di bagian bawah gambar, dengan garis oranye lampu kota dan titik biru yang tak terhitung jumlahnya—masing-masing mewakili sambaran petir dari badai di bawah.

Gambar tersebut berisi cahaya hijau, yang dikenal sebagai airglow, yang memisahkan Bumi dari luar angkasa. Warnanya mirip dengan aurora di langit malam, yang kebanyakan orang kenal sebagai Northern and Southern Lights.

Foto: Donald Pettit/NASA)

"Aurora tereksitasi oleh elektron, dan partikel matahari lainnya yang turun dari medan magnet bumi, itulah sebabnya Anda melihatnya di daerah kutub. Cahaya udara ada di mana-mana di sekitar Bumi dan, dan molekul-molekul di atmosfer atas menjadi bersemangat dari aktivitas matahari," kata Pettit kepada Newsweek sebagaimana dikutip dari DailyMail. 

Gambar itu diposting ke Reddit pada 11 September dan menerima lebih dari 68.000 suka dan ratusan komentar dari pengguna. Pettit juga menjelaskan bagaimana astronot dapat menemukan waktu untuk menangkap gambar kosmos.

"Kami bekerja 12 hingga 14 jam sehari enam hari seminggu di stasiun, dan di luar itu Anda tidak bertugas," katanya kepada Newsweek.

Di luar jam kerja normal, kata Pettit, Anda dapat melakukan apapun yang diinginkan, termasuk tidur dan makan dan tetap berhubungan dengan keluarga Anda. Dan kemudian Anda dapat menghabiskan waktu itu untuk melakukan fotografi.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda