Astronot Crew-5 Hampir Menyelesaikan Pelatihan, Siap Diluncurkan ke ISS Bulan Depan 

Dini Listiyani · Senin, 15 Agustus 2022 - 09:13:00 WIB
Astronot Crew-5 Hampir Menyelesaikan Pelatihan, Siap Diluncurkan ke ISS Bulan Depan 
Astronot Crew-5 Hampir Menyelesaikan Pelatihan, Siap Diluncurkan ke ISS Bulan Depan (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Sekelompok astronot yang akan melakukan perjalanan dengan kapsul SpaceX Crew Dragon hampir menyelesaikan pelatihan mereka untuk misi ke International Space Station (ISS). Misi yang dijadwalkan berlangsung bulan depan ini dikonfirmasi NASA.  

Astronot NASA Nicole Mann dan Josh Cassada bersama dengan Koichi Wakata dari JAXA, dan Anna Kikina dari Roscosmos akan dikirim ke luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center Florida.  

Ada yang menarik dari misi ini. Kikina akan menjadi orang Rusia pertama yang terbang dengan pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon. Karena, para penjelajah antariksa negara tersebut biasa melakukann perjalanan antara Bumi dan stasiun menggunakan pesawat mereka sendiri, Soyuz.  

Pelatihan unuk misi yang akan datang telah berlangsung di Johnson Space Center NASA Houston, Texas. Sementara pelatihan untuk penerbangan Crew Dragon ke dan dari stasiun berlangsung di markas SpaceX.  

Selain menguasai sistem stasiun luar angkasa, keempat penjelajah luar angkasa juga telah menerima pelatihan untuk perjalanan luar angkasa, yang akan dilakukan untuk meningkatkan ISS atau memelihara peralatan saat ini.  

Pelajaran bahasa Rusia untuk tiga anggota awak non-Rusia juga telah menjadi bagian dari paket pelatihan. Tidak lupa keterampilan robotika, menerbangkan jet T-38, dan sains juga menjadi bagian dalam pelatihan.  

"Kami benar-benar fokus pada apa yang mereka perlukan untuk melakukan misi stasiun luar angkasa," kata Cassie Rodriquez, kepala pelatihan Crew-5 di Johnson dalam komentar yang diunggah di situs NASA sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Rodriquez menambahkan anggota kru juga telah mengalami skenario yang memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan kerja tim dan ekspedisi. Misalnya, bagaimana hidup dan bekerja dengan orang lain dalam situasi stres yang sangat tinggi dan berbahaya.  

Mereka telah menunjukkan kepemimpinan, ketangguhan, dan fokus dalam segara hal yang dilakukan. Menurut Rodriquez dedikasi untuk penerbangan antariksa manusia demi membuat misi sukses sangat menginspirasi.  

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda