Belum Pernah Dideteksi, Sekelompok Asteroid Dapat Bersembunyi di Balik Sinar Matahari

Dini Listiyani · Senin, 25 Juli 2022 - 15:05:00 WIB
Sekelompok Asteroid Dapat Bersembunyi di Balik Sinar Matahari (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Para astronom mengatakan sekelompok asteroid bisa bersembunyi di bawah sinar Matahari. Asteroid dekat Bumi ini kemungkinan besar akan menjadi objek yang belum pernah dideteksi karena sebagian besar sistem teleskop melihat ke luar dari Tata Surya.

Survei terbaru mengungkapkan asteroid yang belum pernah terlihat bersembunyi di dekat Venus dan planet lain di Tata Surya. Menemukan asteroid yang belum pernah dilihat sebelumnya bersembunyi di dekat Bumi tidaklah mengejutkan.

Apalagi sebagian besar teleskop luar angkasa, termasuk James Webb yang baru diaktifkan, menghadap ke luar, menjauhi Matahari. Itu karena silau atau sinar Matahari seringkali terlalu terang untuk teleskop ini untuk melihat apa pun di luarnya.

Tapi silau terang yang sama itu sebenarnya bisa menyembunyikan berton-ton asteroid dekat Bumi. Jenis asteroid yang sama ini seringkali berpotensi berbahaya karena ukurannya.

“Survei asteroid umumnya beroperasi pada malam hari, sebagian besar menemukan objek di luar orbit Bumi,” tulis Scott S. Sheppard dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Science sebagaimana dikutip dari BGR.

Lebih lanjut Sheppard mengatakan, ini menciptakan titik buta karena banyak objek dekat Bumi (NEO) dapat bersembunyi di interior sinar matahari ke orbit Bumi. Beruntung, seperti yang dicatat Sheppard di paper survei baru-baru ini telah menantang sinar Matahari untuk mencoba menemukan asteroid yang belum pernah terlihat bersembunyi di bagian dalam Tata Surya. Dan survei-survei itu agak berhasil.

Asteroid yang belum pernah terlihat sebelumnya dapat menimbulkan ancaman signifikan bagi Bumi, dan semua orang yang menyebutnya rumah. Asteroid, jika cukup besar, dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada planet Bumi. Ini bisa termasuk menghancurkan kota-kota besar atau bahkan menyebabkan peristiwa tingkat kepunahan seperti yang kita lihat dengan dinosaurus.

Tentu saja, kemungkinan terjadinya hantaman asteroid sangat kecil. Tapi itu bukan tidak mungkin. Dan itulah mengapa survei terbaru ini terbukti sangat penting. Silau Matahari mudah disembunyikan di baliknya. Ini menyisakan ruang bagi asteroid yang belum pernah dilihat sebelumnya dan NEO lainnya untuk lewat tanpa diketahui.

Terdapat beberapa asteroid yang menyerang Bumi hanya beberapa jam setelah penemuan mereka. Beruntung, tidak satu pun dari mereka yang memberi dampak besar. Tapi, jika asteroid yang cukup besar menabrak planet ini, itu bisa memiliki efek yang bertahan lama.

Melihat para astronom menggali lebih dalam perburuan asteroid yang belum pernah dilihat sebelumnya di dekat Bumi sungguh menggembirakan. Dengan China dan badan antariksa lainnya yang bekerja untuk membuat sistem deteksi asteroid, kami meningkatkan peluang kami untuk bertahan hidup.

Lokasi Tidak Terdeteksi