Bukti Baru Venus Aktif Secara Vulkanik Bertambah

Dini Listiyani · Sabtu, 27 November 2021 - 17:10:00 WIB
Bukti Baru Venus Aktif Secara Vulkanik Bertambah
Bukti Baru Venus Aktif Secara Vulkanik Bertambah  (Foto: NASA/JPL-Caltech)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Studi baru menambahkan bukti Venus kemungkinan aktif secara vulkanik. Penelitian, yang berfokus pada sinyal aneh yang datang dari gunung berapi Venus disebut Idunn Mons, memicu kegembiraan tentang misi masa depan terkait tetangga terdekat Bumi.

Sudah lama diketahui Venus ditutupi gunung berapi. Tapi, tidak mungkin untuk mengetahui dari Bumi apakah gunung itu masih mengeluarkan lava hari ini karena atmosfer Venus yang tebal dan berkabut mengaburkan apa pun yang terjadi di sana.

Sekarang, menggunakan pengamatan arsip dari misi pengorbit lama dan hasil kerja eksperimental yang dilakukan di Bumi, tim ilmuwan membuat kasus Idunn Mons setinggi 1,5 mil dan lebar 125 mil telah aktif dalam beberapa ribu tahun terakhir, dan kemungkinan masih meletus hari ini.

Mereka tidak perlu menunggu lama untuk mengkonfirmasi firasat mereka. Dalam dekade berikutnya, satu skuadron kecil misi yang mampu mendeteksi aktivitas vulkanik di permukaan akan memulai perjalanan mereka ke Venus, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Justin Filiberto, kepala cabang di Kantor Penelitian Astromaterials Research and Exploration Science (ARES) di NASA Johnson Space Center dan rekan penulis studi yang diterbitkan bulan lalu di The Planetary Science Journal, mengatakan pada titik ini dia tidak berpikir "siapa pun akan terkejut bahwa, ketika kami sampai di Venus, kami akan menemukan bukti aktivitas gunung berapi.”

Seperti Bumi, Venus pernah memiliki air senilai lautan, tapi hari ini hanya ada gurun gersang dengan atmosfer padat yang sarat asam dan permukaan yang cukup panas untuk melelehkan timah. Penjelasan utama untuk transformasi neraka Venus adalah letusan gunung berapi epik yang memulai perubahan iklim yang tidak dapat diubah.

Mempelajari gunung berapi Venus dari dekat akan membantu kita lebih memahami mengapa Bumi belum mengalami kiamat letusan serupa. Dan sementara gunung berapi mati akan memberikan beberapa petunjuk, gunung berapi jauh lebih mudah dipahami jika Anda dapat mengamatinya dalam tindakan.

Halaman : 1 2