Cymothoa Exigua, Parasit Pemakan Lidah Ikan

Punta Dewa ยท Jumat, 17 Maret 2023 - 18:24:00 WIB
Cymothoa Exigua, Parasit Pemakan Lidah Ikan
Parasit Pemakan Lidah Ikan (Foto: Biodiversity Center)

JAKARTA, iNews.id - Cymothoa exigua adalah parasit pemakan lidah ikan. Cymothoa exigua merupakan crustacea parasit yang termasuk dalam famili Cymathoidae.

Parasit ini memasuki ikan melalui insang, dan kemudian menempel di lidah ikan. Parasit betina menempel di lidah, sementara parasit jantan menempel di lengkungan insang di bawah dan di belakang parasit betina. 

Cymothoa exigua betina memiliki panjang sekitar 8–29 milimeter (0.3–1.1 in) dan lebar sekitar 4–14 mm (0,16–0,55 in), sementara yang jantan memiliki panjang sekitar 7,5–15 mm (0,3–0,6 in) dan lebar sekitar 3–7 mm (0,12–0,28 in).

Parasit ini menghisap darah melalui cakarnya di depan, sehingga lidah ikan mengalami atrofi akibat kekurangan darah. Cymothoa exigua kemudian menggantikan lidah ikan dengan menempelkan tubuhnya sendiri ke otot potongan lidah. 

Ikan yang menjadi inang kemudian mampu menggunakan parasit tersebut seperti lidah biasa. Tampaknya parasit ini tidak mengakibatkan kerusakan lain bagi ikan yang menjadi inangnya.

Cymothoa exigua dapat ditemui dari Teluk California hingga Teluk Guayaquil, Ekuador. Spesies ini juga baru-baru ini ditemui di Kosta Rika. Parasit ini telah ditemui di perairan dengan kedalaman 2 meter (6 ft 7 in) hingga 60 m (200 ft).

Spesies ini menunjukkan reproduksi seksual. Kemungkinan spesies yang masih muda pertama-tama menempel di insang ikan dan menjadi jantan. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda