Fenomena Astronomi Pekan Ketiga Juni 2021, Ada Hujan Meteor hingga Retrograd Jupiter

Intan Rakhmayanti Dewi · Jumat, 18 Juni 2021 - 19:31:00 WIB
Fenomena Astronomi Pekan Ketiga Juni 2021, Ada Hujan Meteor hingga Retrograd Jupiter
Retrograd Jupiter (Foto: Stelarium PC 0.21.0)

JAKARTA, iNews.id - Di pekan ketiga Juni 2021, ada sejumlah fenomena astronomi yang terjadi. Fenomena astronomi tersebut tidak kalah menarik dibanding sebelumnya.

Ada sejumlah fenomena astronomi menarik yang dapat disaksikan pada pekan ketiga Junia. Diungkap oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, melalui Instagram resminya @lapan_ri, berikut kalender astronomi 16-22 Juni 2021.

1. Fase bulan perbani awal
Puncak fase perbani awal terjadi pada 18 Juni 2021 pda pukul 10.54 WIB. Bulan perbani awal ini baru dapat disaksikan ketka terbit setelah tengah hari dari arah timur. Pada fase ini akan berkulminasi di arah utara setelah terbenam matahari dan kemudian terbenam di arah barat sebelum tengah malam.

2. Hujan meteor Ofiukid
Hujan meteor Ofiukid adalah hujan meteor yang titik awal kemunculan meteor atau radian-nya terletak di konstelasi Ofiukus. Hujan meteor ini terjadi mulai 19-20 Juni dan dapat disaksikan dari arah Timur-Tenggara setelah terbenam Matahari.

Fenomena akan berkulminasi sebelum tengah malam di arah selatan dan terbenam di arah barat-barat daya sebelum matahari terbit.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2