Fosil Burung Kuno Seukuran Merpati Ditemukan di Jepang

Dini Listiyani ยท Senin, 18 November 2019 - 05:09:00 WIB
Fosil Burung Kuno Seukuran Merpati Ditemukan di Jepang
Burung Fukuipteryx prima (Foto: Masanori Yoshida /SWNS.COM)

TOKYO, iNews.id - Fosil seukuran merpati telah digali di Jepang. Berkat simulasi komputer, para ilmuwan dapat menghasilkan gambaran soal bentuknya di masa lampau.

Fosil tersebut adalah Fukuipteryx prima yang dihidup di zaman Early Cretaceous atau Kapur. Fosil ini adalah burung primitif pertama dari zaman ini yang ditemukan di luar China. Dr Takuya Imai dari Institute of Dinosaur Research di Fukui Prefectural University, Jepang mengatakan makhluk ini tidak terbang seperti burung modern.

Imai menyebutkan, burung Fukipteryx prima cenderung melayang atau mengepak-ngepak untuk terbang dalam jarang pendek. Ya, itu memang terbang tapi tidak terlalu bagus.

"Burung itu menghuni lingkungan yang fluvial. Wilayah itu hangat dan lembab hampir sepanjang waktu, dengan musim kemarau singkat. Sangat mungkin burung itu dimangsa," ujarnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Senin (18/11/2019).

Fosil burung Cretaceous yang paling awal diketahui adalah spesimen dua dimensi yang ditemukan di China timur laut. Dr Imai berkata, burung-burung ini tidak memiliki pygostyle, triangular plate yang ditemukan di ujung backbone untuk mendukung bulu ekor, yang merupakan fitur mendasar dari burung modern.

"Ini adalah spesies burung primitif pertama dari periode waktu ini ditemukan di luar China. Penemuan Fukuipteryx semakin meningkatkan distribusi geologis. Tampaknya mereka tidak terbatas di lingkungan dataran tinggi yang relatif dingin di zaman Early Cretaceous China timur laut," ujarnya.