Fosil Monster Laut Berusia 150 Juta Tahun Ditemukan di Polandia

Dini Listiyani ยท Kamis, 07 November 2019 - 05:45 WIB
Fosil Monster Laut Berusia 150 Juta Tahun Ditemukan di Polandia

Ilustrasi pliosaurus (Foto: Natural History Museum/University of Oslo/Tor Sponga)

WARSAWA, iNews.id - Para peneliti menemukan fosil moster laut berusia 150 juta tahun yang disebut pliosaurus. Fosil ditemukan di ladang jagung dekat sebuah desa di Polandia Selatan.

Para peneliti menemukan fosil di ladang jagung di bagian timur laut Holy Cross Mountains, dekat desa Krzy?anowice. Fosil mempunyai panjang 10 meter dan berusia sekitar 145 hingga 163 juta tahun.

Penemuan mereka adalah fosil pliosaurus pertama yang pernah ditemukan di Polandia. Para peneliti mencatat, pliosaurus berada di puncak rantai makanan selama hidupnya, dengan beberapa tumbuh dua kali lipat dari ukuran paus pembunuh modern serta beratnya puluhan ton.

Pliosaurus diyakini sebagai predator terbesar pada waktu mereka di darat atau laut. Mereka panjang dan kurus, dengan moncong seperti buaya, bersirip, dan bergigi besar. Makhluk tersebut diyakini melahap semua yang hidup di laut dan beberapa yang berkelana ke laguna untuk mencari makanan.

Para pliosaurus sangat besar sehingga mereka bisa membunuh dan memakan T-Rex yang terkenal ganas. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan rahang pliosaurus memiliki panjang hingga dua setengah meter dan empat setengah kali lebih kuat dibanding rahang T. Rex.

Dikutip dari Phys, Kamis (7/11/2019), para peneliti juga menemukan sisa-sisa fosil beberapa makhluk lain di sekitar yang sama dengan pliosaurus seperti buaya purba dan kura-kura. Daerah di mana semua sisa-sisa ditemukan diyakini tropis selama masa hidupn binatang.

Para peneliti percaya kura-kura saat itu memakan siput dan dimakan oleh buaya. Pasalnya, peneliti menemukan bekas gigitan gigi buaya yang tertinggal di beberapa cangkang kura-kura.

Para peneliti akan melanjutkan studi mereka mengenai fosil yang ditemukan dan situs, penemuan awal yang mereka laporkan hanyalah permulaan. Gambaran terbaru soal makhluk raksasa masa perido Jurassic ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Geologists Association.


Editor : Dini Listiyani