Gara-Gara Badai Tropik Ian, Artemis 1 Gagal Meluncur 27 September

Dini Listiyani · Senin, 26 September 2022 - 10:26:00 WIB
Gara-Gara Badai Tropik Ian, Artemis 1 Gagal Meluncur 27 September
Gara-Gara Badai Tropik Ian, Artemis 1 Gagal Meluncur 27 September (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - NASA sepertinya tidak bisa istirahat. Setelah menyelesaikan test pengisian bahan bakar dari Space Launch System, badan antariksa berharap untuk melanjutkan misi Artemis 1 pada 27 September. 

Sayangnya, 27 September tidak lagi ada dalam rencana karena Badai Tropis Ian. Badai terbentuk pada Jumat malam di atas Karibia Tengah. 

Menurut The Washington Post, ahli meteorologi memperkirakan Ian akan menjadi badai pada Minggu sebelum menghantam Kuba. Kemudian, menuju ke Pantai Teluk Florida. 

Hingga Sabtu, tidak jelas di mana Ian akan mendarat begitu tiba di daratan. Ada juga ketidakpastian mengenai seberapa kuat badai yang akan terjadi di negara bagian. 

Tapi kehangatan air laut di atas rata-rata saat ini di Pantai Teluk timur bukanlah pertanda baik, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (26/9/2022).

Guna mengantisipasi Ian menjadi badai, NASA telah memutuskan untuk mempersiapkan SLS kembali ke keamanan Kennedy Space Center’s Vehicle Assembly Building. Badan antarksa akan membuat keputusan akhir. 

Jika prakiraan memburuk, rollback dimulai pada Minggu malam atau Senin dini hari. Rencana tersebut memberi NASA fleksibilitas untuk bergerak maju dengan peluncuran lain jika ada perubahan dalam situasi cuaca.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda