Gara-Gara Masalah di Pakaian Antariksa, Spacewalk Kosmonot Rusia Dihentikan 

Dini Listiyani · Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:19:00 WIB
Gara-Gara Masalah di Pakaian Antariksa, Spacewalk Kosmonot Rusia Dihentikan 
Spacewalk Kosmonot Rusia Dihentikan (Foto: NASA TV)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan antariksa Rusia di luar International Space Station (ISS) dihentikan pada Rabu (17/8/2022). Spacewalk berhenti usai kosmonot mengalami masalah listrik di pakaian antariksanya.  

Moscow Mission Control memerintahkan komandan Expedition 67 Oleg Artemyev kembali ke airlock setelah dia melaporkan fluktuasi tegangan pada daya baterai untuk pakaian antariksa Orlan, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.  

"Lepaskan semuanya dan mulai kembali segera," kata mantan kosmonot dan direktur penerbangan untuk segmen stasiun luar angkasa Rusia mengirim radio ke Artemyev selama perjalan luar nagkasa. "Oleg, kembali dan sambungkan ke daya stasiun." 

Artemyev dan Matveev, keduanya dari perusahaan luar angkasa federal Rusia Roscosmos, telah dikirim ke luar stasiun untuk terus melengkapi lengan robot Eropa yang telah diluncurkan ke kompleks yang mengorbit pada Juli 2021. 

Sebelum tamasya mereka dibatasi, Artemyev dan Matveev telah berhasil memasang dua kamera di area siku pada Lengan Robot Eropa (ERA) dan melepaskan isolasi termal dan penahan peluncuran dari salah satu dari dua efektor ujung atau "tangan" di ujung berlawanan dari lengan. 

Kedua kosmonot itu juga telah ditugaskan untuk memindahkan panel kontrol eksternal untuk lengan dari satu area operasi ke area lain dan menguji mekanisme kekakuan pada lengan yang akan digunakan untuk memfasilitasi penangkapan muatan. Tujuan-tujuan itu sekarang akan ditangguhkan untuk perjalanan luar angkasa di masa depan. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda