Hubble Tangkap Gugusan Ribuan Bintang Berkilau, Begini Penampakannya

Dini Listiyani · Senin, 04 Juli 2022 - 15:05:00 WIB
Hubble Tangkap Gugusan Ribuan Bintang Berkilau, Begini Penampakannya
Hubble Tangkap Gugusan Ribuan Bintang Berkilau (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Gambar pekan ini dari Hubble Space Telescope menunjukkan bidang bintang menakjubkan disebut gugusan bola. Gambar diambil menggunakan instrumen Wide Field Camera 3.

Diambil dengan instrumen Wide Field Camera 3 dan Advanced Camera for Surveys Hubble, pemandangan ini menangkap kedalaman gugusan bola NGC 6569, yang terletak di konstelasi Sagitarius.

“Gugus globular adalah gugus yang stabil dan terikat erat yang berisi puluhan ribu hingga jutaan bintang, dan terkait dengan semua jenis galaksi,” kata ilmuwan Hubble.

Ilmuwan Hubble menambahkah, daya tarik gravitasi yang kuat dari gugusan bintang yang padat ini berarti gugus bola memiliki bentuk bola biasa dengan pusat padat penduduk - seperti yang dapat dilihat di jantung gambar bertabur bintang ini.

Gugus bola ditemukan di sebagian besar galaksi, dan ada banyak di galaksi Bima Sakti. Gugus bola di galaksi seperti yang ada di galaksi spiral lainnya, sebagian besar ditemukan di tepi luar galaksi di wilayah yang disebut halo galaksi. Cluster ini cenderung lebih besar dan lebih tua dari cluster yang ditemukan di tempat lain.

Halaman : 1 2