Teleskop Hubble Temukan Katai Putih Destruktif, Memakan Potongan Planet

Dini Listiyani ยท Senin, 20 Juni 2022 - 08:25:00 WIB
Teleskop Hubble Temukan Katai Putih Destruktif, Memakan Potongan Planet
Teleskop Hubble Temukan Katai Putih Destruktif, Memakan Potongan Planet (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id -  Saat bintang kehabisan bahan bakar dan mencapai akhir hidupnya, bintang terbesar meledak dalam supernova besar. Tapi, bintang yang lebih kecil mengalami perubahan yang berebda di mana mereka membuang sebagian massanya, menciptakan nebula planet di sekitar mereka dan meninggalkan inti kecil padat yang disebut white dwaft. 

Seperti kebanyakan bintang, Matahari pada akhirnya akan menjadi white dwarf atau katai putih, bersinar dengan sisa panas tapi tidak lagi menghasilkan energi melalui fusi. Meskipun tidak lagi aktif dalam hal fusi, katai putih masih merupakan binatang yang tangguh. 

Karena sisa-sisa bintang runtuh ke inti kecil, itu sangat padat, dan gravitasi inti ini dapat mendatangkan malapetaka pada benda-benda di sekitarnya. Baru-baru ini, Teleskop Luar Angkasa Hubble mengungkap kasus kanibalisme kosmik, dengan katai putih memakan material berbatu dan es dari lingkungan sekitarnya.

Katai putih, yang disebut G238-44, adalah yang pertama yang diamati mengakresi material berbatu-logam dan material es, yang penting karena ini adalah komponen kunci dari mana planet terbentuk. Oleh karena itu, mempelajari katai putih ini dapat membantu para peneliti untuk mempelajari tentang bagaimana sistem planet terbentuk.

Para ilmuwan tahu ketika bintang membusung menjadi raksasa merah sebelum melepaskan massanya dan menjadi katai putih, mereka secara dramatis berdampak pada planet mana pun di sekitarnya. Dan, karena katai putih yang dipelajari oleh Hubble menarik materi yang terkait dengan pembentukan planet, termasuk unsur-unsur seperti nitrogen, oksigen, magnesium, silikon, dan besi, para peneliti dapat mengamati campuran unsur-unsur yang akan masuk ke planet ketika mereka pertama kali terbentuk.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda