Ilmuwan Bikin Robot Ular yang Bisa Memanjat, Ini Tujuannya

Dini Listiyani ยท Rabu, 17 Oktober 2018 - 07:17 WIB
Ilmuwan Bikin Robot Ular yang Bisa Memanjat, Ini Tujuannya

Penampakan robot ular. (Foto: Cnet)

CALIFORNIA, iNews.id - Robot sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang tabu bagi masyarakat. Beragam robot mulai dikembangkan oleh para ilmuwan, termasuk jenis hewan.

Ilmuwan dari Universitas Kyoto dan Electro-Communication membuat robot ular. Robot tersebut tidak hanya bisa berjalan, tapi juga memanjat.

Robot ular tersebut diresmikan di 2018 IEEE/RSJ International Conference pada Intelligent Robots and Systems. Moto konferensi tersebut ialah 'Menuju Robotic Society’.

"Kami mengusulkan metode memanjat tangga untuk robot ular yang memiliki bentuk permukaan halus. Kami mendesain gaya baru untuk ular menggunakan metode desain berjalan yang mengkonfigurasi bentuk target robot ular dengan menghubungkan bentuk sederhana," kata kata tim sebagaimana dilaporkan Cnet, Rabu (17/10/2018).

Gerakan pendakian, kata tim pembuat robot, dieksekusi melalui kontrol shift dan gerakan sesuai yang diperlukan untuk menangkap langkah selanjutnya di tangga.

Ide membuat robot dengan gaya baru ini agar bisa mengakses ruang-ruang yang tidak bisa dilakukan manusia, terutama selama situasi bencana karena terdapat bangunan rusak dan sebagainya.


Editor : Tuty Ocktaviany