Ilmuwan Ungkap Fakta Baru soal Objek yang Dianggap Black Hole Terdekat Bumi

Dini Listiyani ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:20 WIB
Ilmuwan Ungkap Fakta Baru soal Objek yang Dianggap Black Hole Terdekat Bumi

Black Hole Terdekat Bumi (Foto: DSS)

CALIFORNIA, iNews.id - Sebuah objek yang diidentifikasi awal tahun ini sebagai black hole terdekat dengan Bumi baru diturunkan statusnya. Usai menganalisis ulang data, tim ilmuwan menyimpulkan sistem bernama HR 6819 sama sekali tidak menyertakan black hole.

Sebaliknya, mereka menemukan kemungkinan hanya dua bintang dengan orbit biner yang sedikit tidak biasa yang membuatnya sulit untuk ditafsirkan. HR 6819, yang terletak sekitar 1.120 tahun cahaya telah menjadi teka-teki selama beberapa waktu.

Awalnya, HR 6819 dianggap sebagai bintang tunggal dari tipe spektrum Be. Ini adalah bintang blue-white panas di deret utama yang spektrumnya mengandung garis emisi hidrogen yang kuat.

Pada 1980-an para astronom memerhatikan objek tersebut tampaknya juga menunjukkan tanda cahaya dari bintang tipe-B kedua, bintang B3 III. Tipe bintang ini ditemukan pada 2003 yang berarti HR 6819 bukanlah satu, tapi dua.

Analisis lebih lanjut mengungkapkan, bintang B3 III, yang diperkirakan memiliki enam massa Matahari memiliki orbit sekitar 40 hari. Tapi, bintang Be, yang juga diperkirakan berukuran sekitar enam Matahari tampaknya tidak bergerak.

Jika dua bintang memiliki massa biner yang sama, mereka harus mengorbit pusat gravitasi massa biner yang sama. Mereka harus mengorbit pusat gravitasi timbal balik, bukan satu bintang yang mengorbit bintang lainnya.

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua